PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMANAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.965Keywords:
Problem Posing Tipe Post Solution Posing, Keliling dan Luas Segitiga, Aktivitas Belajar, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini berdasarkan persoalan rendahnya mutu pendidikan matematika di SMPN 2 Tamanan. Siswa dimudahkan dalam mengerti hal-hal yang kongkrit, sehingga muncul asumsi bahwa matematika ialah salah satu mata pelajaran yang sukar untuk dipahami serta terhadap pelajaran matematika masih rendah. Hal itu terjadi di SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso yang memakai model belajar dengan Problem Posing Tipe Post Solution Posing , dimana dengan model ini siswa akan aktif dan kreatif serta siswa dapat terbiasa menyelesaikan soal secara mandiri. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa saat mengikuti pembelajaran memakai Problem Posing Tipe Post Solution Posing di kelas VII-6 SMP Negeri 02 Tamanan.. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII-6. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode data yang diperoleh yakni observasi, dokumentasi dan tes. Dari itu didapatkan hasil penelitian yaitu ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 71,2% ke siklus II sebesar 81,7%. Kemudian pada siklus I terdapat 8 siswa yang tidak tuntas belajar dari 30 siswa dan pada siklus II terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dari 30 siswa yang menandakan terjadinya peningkatan hasil belajar.
Downloads
References
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani, Nizar Alam & Hermana, Dody. 2008. Panduan Membuat Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Rahayasa
https://ridhotha.wordpress.com/2010/01/30/teori-kecerdasan-majemuk/, (Online), di akses 20 Januari 2013
Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Masykur, Moch & Fathani, Abdul Halim. 2007. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar.
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar Dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pengembangan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media