MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA

Authors

  • Ilyas Husain Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Yamin Ismail Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Nancy Katili Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.918

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dngan  pendekatan matematika Reallistik pada siswa kelas V SDN 50 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan (actionresearch) yang dilakukan dngan tujuan memperbaiki mutupraktik dan pembelajaran dikelasnya. Subjek penelitiian ini adalah siswa kelas V SDN 50 Kota Gorontalo yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 6 perempuan. Peneliti merencanakan dalam penelitian ini menggunakan siklus, setiap 1 siklus terdapat 4 langkah.Langkah dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa analisis pada rekapitulasi kegiatan mengajar guru pada siklus I belum optimal, namun pada siklus II terjadi peningkatan kegiatan mengajar guru. Kemudian, hasil analisis pada rekapitulasi kegiatan aktivitas siswa dalam menerima materi pelajaran pada siklus I belum optimal, namun setelah diadalah tindakan siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Dengan meningkatnya kegiatan mengajar guru dan aktivitas siswa, maka pada pelaksanaan tindakan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi Bangun ruang sederhana, hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 50 Kota Gorontalo tahun ajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas Nurhayati, Darsono daud, dan Bakoting Patriana. 2007. Upaya meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan Penilaian Portofolio di SMP 10 Kota Gorontalo. Gorontalo : UNG

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyana. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP. Tesis MagisterPendidikan: Universitas Negeri Surabaya

Gatodmuhsetyo 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Hulukati Evi. 2014. Matematika Realistik. Yogyakarta : Deepublish

Ismadi, janu (2006). Enslikopedia Matematika untuk Anak From Zero to Hero.Jakarta: Ricardo

Soedjadi, R. 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalamPembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME) di Jurusan FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.

Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Dalam MajalahIlmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional MatematikaX ITB, 17-20 Juli 2000)

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer; Rev.ed.Bandung: JICA UPI.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran matematika realistik. Jakarta: DepartemenPendidikan dan KebudayaanDirektorat Jendral Pendidkan Tinggi.

Tim Bina karya Guru. ( 2007 ).Terampil Berhitung Matematika Untuk SD kelas IV.Jakarta : Erlangga

Treffers, A. (1991). Didactical Background of a Mathematics Program forPrimary Education. Dalam Strefland, L. (ed). Realistic MathematicsEducation in Primary School. Ultec: Freudenthal Institute.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles