MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH BARISAN DAN DERET GEOMETRI DENGAN METODE OPEN ENDED

Authors

  • Hery Hebriyansyah Zaini Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Christine Wulandari Suryaningrum Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Nurul Imamah Ah. Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.870

Keywords:

berpikir kreatif, open ended, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji dalam pemecahan masalah matematis materi barisan dan deret geometri. Instrument pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan observasi. Teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan langkah dari menganalisi data. Dua siswa setiap kelompok menjadi subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: kelompok 1 sudah melakukan kreatif dalam memecahkan masalah pada nomer 1 tetapi pada nomer dua masih mengikuti rumus di buku serta kelompok satu sudah mencapai syarat dari pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali. Kelompok dua pada soal nomer satu masih mengikuti rumus yang diberikan guru tetapi pada nomer soal nomer dua sudah melakukan kreatif dalam memecahkan masalah, serta kelompok dua sudah mencapai syarat dari pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah. Kelompok tiga pada nomer satu dan dua sudah kreatif dalam memecahkan masalah barisan dan deret serta kelompok dua sudah memenuhi semua indikator pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah. Kesimpulannya kelompok satu, dua, tiga sudah berfikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2).

Darma, Y. (2012). Efektivitas Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah di Pontianak (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Desti, E., Anggoro, B. S., & Suherman, S. (2018, July). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 527-532).

Pulungan, D. N. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir HOTS (higher order thinking skill) melalui pendekatan pembelajaran open-ended pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas X-4 di SMAN 1 Hutabargot (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234-246.

Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 143-156.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Wulandari, A. E., & Darminto, B. P. (2016). Hubungan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Ekuivalen, 24(2).

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166-183.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.

Nasution, R., & Halimah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Pada Siswa di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 5(2).

Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal pendidikan matematika, 5(1).

Lubis, H. L. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Ahmad, Heko Akbar; Putri, Desy Hanisa; Connie, Connie. Efektivitas Penggunaan Model Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika. jurnal kumparan fisika, 2019, 2.2 Agustus: 73-78.

Molina, N. B., Djong, K. D., Dosinaeng, W. B. N., & Jagom, Y. O. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 187-199.

Wanelly, Widya; Fauzan, Ahmad. Pengaruh pendekatan open ended dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Basicedu, 2020, 4.3: 523-533.

Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal AgriSains, 5(1).

Widiastuti, Y., Darmawijoyo, D., & Putri, R. I. I. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended Di Kelas VII SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Downloads

Published

2022-10-30