EFEKTIVITAS MEDIA MENTIMETER DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP PGRI 1 WAJAK
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.848Keywords:
pendekatan matematika realistik, media mentimeter, aritmatika sosialAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar, kesulitan siswa dalam memahami materi, dan metode pembelajaran yang monoton dan membosankan. Oleh karena itu, diperlukan metode dan media pembelajaran yang inovatif agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Maka media dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media mentimeter dengan pendekatan matematika realistik dalam memahami materi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pre-test Post-test Control Design yang dilaksanakan di SMP PGRI 1WAJAK. Berdasarkan perhitungan statistik yang telah dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan pemahaman materi aritmatika sosial menggunakan media mentimeter dengan pendekatan matematika realistik terbukti efektif.
Downloads
References
Abdul Wahib Bunawi, Nani Aprilia, & Yuni Rahayu, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Mentimeter Pada Siswa Kelas III SDN Selomoyo Magelang Tahun
Pelajaran 2020/2021”, Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 2021, 1570–1581.
Hayat, Bahrul dkk. 2011. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan Cetakan II. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2013). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Repositori Kemendikbud.
Kusumaningrum, Dwi Sulistya. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar Matematik melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa SMP. Jurnal Buana Ilmu. Volume 1 Nomor 1. Website:http://journal.upbkarawang.ac.id/index.php/Penelitian/article/download/94/91. Di akses pada hari Selasa, tanggal 2 Februari 2022 pukul 17:30 WIB.
Kusumaningrum, Dwi Sulistya. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar Matematik melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Siswa SMP. Jurnal Buana Ilmu. Volume 1 Nomor 1. Website:http://journal.upbkarawang.ac.id/index.php/Penelitian/article/download/94/91. Di akses pada hari Selasa, tanggal 2 Februari 2022 pukul 17:30 WIB.
Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Jurnal. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.Website: http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/benner/PM-102.pdf. Di akses pada hari hari Senin, 18 Desember 2017 pukul 09:55 WIB.
Setiani, Ni Luh, dkk. 2015. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Semangat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VI pada SDLB.B.N SIDAKARYA. Jurnal Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 1 Tahun 2015. Website: http://download.portalgaruda.org/article.php. Di akses pada hari hari Senin, 18 Januari 2022 pukul 09:55 WIB.