KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.845Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Missouri Mathematics Projetc (MMP), Turunan Fungsi AljabarAbstract
Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah model pembelajaran yang dirancang agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, dan memecahkan masalah yang ada dalam matematika. Keutaman model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengerjakan soal matematika dengan adanya latihan terkontrol, seatwork, dan pekerjaan rumah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi turunan fungsi aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan jenis desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Payung tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Payung dengan sampel penelitian kelas XI IPA 2 sebanyak 30 siswa dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal uraian berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) mencapai persentase rata-rata sebesar 80,35% dikategorikan baik.
Downloads
References
Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol.3 No.2, 117-125.
Hartono, Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Sel Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research Vol 1. No.1, 25-32.
Indria, R., & Andriani, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Turunan Fungsi Aljabar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 441-448.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education Vol.3 No.2, 134-150.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Naibaho, T., & Sitepu, S. (2018). Kemampuan Siswa Menentukan Turunan Fugsi Aljabar dengan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT. Seminar Nasional Matematika dan Terapan, 1-7.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 85-91.
Nurhayati, & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal On Education Vol.1 No.2, 497-502.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam Vol 3 (3), 232-245.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Vol.5 No.2, 148-158.
Wahyuni, R., & Efuansyah. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Vol.2 No.1, 24-36.