Penerapan Strategi Abduktif-Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK

Authors

  • Yosi Adiputra Akademi Maritim Cirebon, Indonesia
  • Handayani Eka Putri Akademi Maritim Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.559

Keywords:

Abduktif-Deduktif, Penalaran, SMK

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan strategi abduktif-deduktif  dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest Posttest Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kuningan, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 2 kelompok yaitu kelas XI TBSM 1 sebanyak 29 siswa yang merupakan kelompok eksperimen, dan kelas XI TBSM 2 sebanyak 28 siswa yang merupakan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes kemampuan penalaran matematis. Dalam melakukan analisis data kuantitatif, digunakan uji nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi abduktif-deduktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, S., Haryono, Y., & Hiltrimatrin, C. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. Vol 3, No 1, 25-34.

Kemendikbud. 2013. Handout Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

____________. 2016. Kemdikbud Tingkatkan Persentase SMK Negeri Hingga 60 Persen. https://tirto.id/kemdikbud-tingkatkan-persentase-smk-negerihingga- 60-persen-bn7V . [online] diakses tanggal 28 Oktober 2020.

Kusnandi. 2008. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Abduktif-Deduktif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Membuktikan pada Mahasiswa Disertasi pada SPs UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

________, 2013. Handout Mata Kuliah Proses Berpikir Matematis. Bandung : Tidak Diterbitkan.

National Council Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for school Mathematics. USA : NCTM.
.
Rahayu, S.H. (2013). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Penguatan E-Learning Berbasis Aplikasi Moodle. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan.

Shodikin, Ali. 2014. Strategi Abduktif-Deduktif Pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa SMA. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 1 No. 2. 103-116.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumarmo, U. (2006). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: Makalah FPMIPA UPI.

Sumartini, T.S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika: Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Yuliana, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap Kecemasan Matematika (Math Anxienty), Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMK. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-10-05

Issue

Section

Articles