Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Konseptual Program Linier
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.458Keywords:
Analisis Kesulitan, Program Linier, Tingkat Keterampilan Berpikir Kreatif, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah konseptual pada mata kuliah program linier. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan serta kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah program linier. Kesulitan terkait model matematika dan pendekatan geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi. Pengambilan data dilaksanakan berdasarkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep program linier terlihat pada setiap tingkat keterampilan berpikir kreatif. Kesulitan yang ditemukan adalah mahasiswa kesulitan dalam mengidentifikasi persoalan dan menyusun model matematika, analisis model, dan merumuskan simpulan dan implementasi hasil.
Downloads
References
Alghafri, A., Social, H. I.-I. J. of. 2014, undefined. (n.d.). The effects of integrating creative and critical thinking on schools students’ thinking. Pdfs.Semanticscholar.Org. Retrieved April 2, 2021, from https://pdfs.semanticscholar.org/f1b5/b648c9f5c81bd179a3357dc770a57bbbb6b2.pdf. Pada 20 Februari 2018
Atebe, H. U., & Schäfer, M. 2008. “As soon as the four sides are all equal, then the angles must be 90° each”. children’s misconceptions in geometry. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 12(2), 47–65. https://doi.org/10.1080/10288457.2008.10740634
Ay?en, Ö. 2012. Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade students. Elsevier-Procedia-Social and Behavioral, 55, 720–729. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.557
De Villiers, M. 2012. Some Reflections on the Van Hiele theory. In National Mathematics Congress (Issue May, pp. 21–23).
Erdogan, T., Akkaya, R., & Akkaya, S. Ç. 2009. Th e Eff ect of the Van Hiele Model Based Instruction on the Creative Th inking Levels of 6th Grade Primary School Students. In ERIC (Vol. 9, Issue 1). https://eric.ed.gov/?id=EJ837779
Hsiu-Lan, M., De-Chih, L., Szu-Hsing, L., & Der-Bang, W. 2015. A Study of Van Hiele of Geometric Thinking among 1st through 6th Graders. EURASIA J Math Sci Tech Ed, 11(5), 1181–1196. https://doi.org/doi.org/10.12973/eurasia.2015.1412a
Irawati, S. 2015. Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linier. Sigma, 1(1), 29–34. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/viewFile/110/94
Mashuri, A., Rahmawati, A. D., & Cahyono, H. 2019. Kemampuan representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah trigonometri ditinjau dari kompetensi pengetahuan. Jurnal Karya Pendidikan, 6(2), 59–65. http://103.97.100.145/index.php/JPMat/article/view/5087
Mashuri, A., Sudjadi, I., Pramudya, I., & Gembong, S. 2017. Student Analogy Reasons When Solving Area Concepts in Pyramids and Prisms. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12041. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012041
Rianti, R. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jptam.Org, 2. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/27
Silver, E. A. 1997. Kreativität fördern durch einen unterricht, der reichist and situationen des mathematischen problemlösens und aufgabenerfindens. International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x
Siswono, T. Y. E. 2011. Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553.
Taha, H. 1996. Riset Operasi: suatu pengantar, jilid 1. In Binarupa Aksara.
Vinet, L., & Zhedanov, A. 2011. A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201