Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Authors

  • Daniel Cardo A.P. IKIP Budi Utomo Malang
  • Durotun Napisah IKIP Budi Utomo Malang
  • Dominggus Dengi Wungo IKIP Budi Utomo Malang
  • Geffi Dio Utama IKIP Budi Utomo Malang
  • Mika Ambarawati IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311

Keywords:

Analisis, Kesulitan, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mempelajari materi sistem persamaan linear tiga variabel. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X IPS-2 SMA Islam NU Pujon diketahui bahwa banyak siswa yang tidak mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan sebagai berikut: 1) kesulitan dalam memahami konsep dan definisi, 2) kesulitan dalam penerapan sikap cermat dan teliti siswa dalam menyelesaikan masalah konstektual sistem persamaan linear tiga variabel, 3) kesulitan dalam menyusun konsep SPLTV, 4) kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual sistem persamaan linear tiga variabel dengan metode eliminasi dan subtitusi, 5) kesulitan dalam penarikan kesimpulan penyelesaian masalah konstektual sistem persamaan linear tiga variabel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Istini. 2018. Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAN 6 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif , 3(1), 30-40.

Kuswanti, Yayuk; Sudirman; Toto Nusantara. 2018. Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(7), 865-872.

Mubarok, Muhammad Ulil dan Umy Zahroh. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islam, 2(1), 38-45.

Nurjanatin, Ina; Gatot Sugondo; Mayor M.H. Manurung. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII-F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 22-31.

Roslina dan M. Mahdi. 2015. Kemampuan Menguasai Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(2), 43-52.

Suherman, Erman. 2001. Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles