PEMANFAATAN VISUALISASI GRAPH INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Dimas Anditha Cahyo Sujiwo Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Marsidi Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2732

Keywords:

Graph, Interaktif, Pemahaman, Struktur Aljabar Visualisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan visualisasi graph interaktif terhadap peningkatan pemahaman struktur aljabar mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Argopuro Jember. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pretest–Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 16 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman struktur aljabar yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Independent t-test, serta perhitungan N-Gain untuk melihat tingkat peningkatan pemahaman pada masing-masing kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Independent t-test memiliki signifikansi 0.001 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol setelah perlakuan diberikan. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.75425 yang termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata 0.45919 dengan kategori sedang. Perbedaan kategori N-Gain ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mahasiswa pada kelas eksperimen lebih signifikan dan merata, ditunjukkan oleh standar deviasi yang relatif kecil. Temuan ini membuktikan bahwa media visualisasi graph interaktif dapat secara efektif memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap struktur aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika modern. Jakarta: Prenada Media.

Agustin, D. (2020). Pengaruh media visual terhadap pemahaman konsep abstrak mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 45–53.

Fauziah, I. (2021). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami Struktur Aljabar. Jurnal Edumath, 9(2), 112–123.

Harahap, R. (2023). Pengembangan pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar matematika. Jurnal Cendekia Pendidikan, 7(1), 61–73.

Hidayat, A. (2020). Efektivitas media digital dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 221–230.

Kurniawan, D. (2022). Analisis representasi visual mahasiswa pada materi Struktur Aljabar. MathEdu Journal, 4(2), 90–101.

Lestari, S. (2023). Pemanfaatan graph interaktif untuk pembelajaran aljabar abstrak. IndoMath Journal, 5(1), 27–39.

Mulyono, T. (2020). Transformasi pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Nasional, 3(1), 12–25.

Munandar, A. (2020). Penggunaan graph dalam pembelajaran matematika diskret. MathVision, 8(2), 77–88.

Nisa, W., & Firmansyah, H. (2021). Gaya belajar digital native dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pedagogi, 10(1), 55–63.

Priyanto, A. (2020). Pendekatan konstruktivistik dalam pendidikan matematika. Jurnal Pembelajaran, 4(3), 201–210.

Putri, N., & Hasanah, U. (2021). Pengaruh media visual interaktif terhadap pemahaman konsep. Jurnal MathEdu, 6(2), 139–150.

Ramdani, Y., & Pratiwi, M. (2023). Keterbatasan media statis dalam pembelajaran graf. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 73–84.

Rahmat, A., & Yusuf, T. (2022). Evaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran perguruan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 98–110.

Sari, F. (2020). Peran pendidikan dalam perkembangan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Edukasi Nasional, 5(1), 1–10.

Setiawan, A. (2021). Tantangan pembelajaran Struktur Aljabar di perguruan tinggi. Math Education Review, 7(2), 65–78.

Sihombing, P. (2022). Visualisasi graph dan pengaruhnya terhadap kemampuan analitis mahasiswa. Jurnal Matematika Terapan, 12(3), 130–142.

Siregar, L. (2022). Graph sebagai alat representasi dalam matematika. Numerical Journal, 4(1), 49–60.

Downloads

Published

2025-10-30