PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAS NURUL AMALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2731Keywords:
Hasil Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik, Project Based LearningAbstract
Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan teknik yang memberikan inovasi dalam seni pengajaran. Peran guru dalam metode ini sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas terhadap peserta didik ketika mengajukan pertanyaan mengenai teori serta memberikan motivasi terhadap peserta didik supaya aktif dalam pengajaran. Berdasarkan analisis permasalahan dan kebutuhan peserta didik, penulis berniat mengembangkan LKPD menggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menciptaka n susasana belajar yang aktif, menarik, dan inovatif serta mampu memecahkan permasalahan soal matematika pada materi matriks. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model 4D Thiagarajan (define, design, develop, disseminate). Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI – MIPA 1 SMAS Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan lembar validasi angket, instrumen kepraktisan dan instrumen tes. Dari hasil uji coba diperoleh hasil LKPD telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli sebesar 92,52%. LKPD telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon siswa sebesar 87,6%. LKPD memenuhi kriteria sangat efektif dari hasil belajar siswa sebesar 87,9% dengan peningkatan gain sebesar 0,7639 dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Adnyana, I. M.D.M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103-116.
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learing Dalam Peningkatan Kektifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Arukah, D. W., Fathuroham, I, & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-9.
Damayanti, A. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble. Kusuma Negara II, 215–224.
Dudung, Agus. (2018). Penilaian Psikomotorik. Depok: Karima.
Febrinita, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika. De Fermal: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-9.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University.
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc. EDIRA
Hayati, N., Harjanto, A., & Elvadola, C. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SD Negeri 01 Sumber Sari Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 417-421.
Hidayatullah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Dan Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 461–469
Imanisa, S. H., Fajrin, R., & Ana, R. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Kedungwaru Tahun Pelajarab 2019/2020. Wahana Sekolah Dasar, 31(1), 40-47.
Khoiriyah, A., & Husamah, H. (2018). Problem-Based Learning: Innovation in Science Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–60.
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. K. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama
Manasikana, oktaffi. (2022). Model Pembelajaran Inovasi dan Rancangan Untuk Guru IPA SMA.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif unruk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274-1290.
Mergendoller, J. R., Maxwell, N. L., & Bellisimo, Y. (2006). The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(2), 49–69.
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Nicomse, N., & Tambunan, L. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di kelas XI SMA Gajag Mada Medan.
Nisa, N. H. K. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2.
Prayoga, A., & Nadiar, F. (2021). Literatur Review: Penerapan Media Sketchup Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Menggambar Potongan Rumah 1 Lantai di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 2252-5122.
Purwanto, A., Soedarmo, R. R, & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 39.
Putri Febrianti, V. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 17-24.
Saftari & Fajriah (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutaiment : Jurnal Ilmpu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71-81.
Sanjaya. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugandi, Asep Ikin. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada MasaPandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sutraningsih, S., Mustami, M. K., Jamilah, J.,& Damayanti, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Bio pada Materi Sistem Pencernaan. Biodeusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 291-304.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. ( 2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2),79.
Ulfa, & Arifudin, O. (2019). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1-9.
Wariyanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terehadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019-1024.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230.
Widana, I. K., Parmiti, D. P., & Adnyana, P. B. (2020). Development of Project-Based Learning E-Module to Increase Students’ Achievement and Creativity. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 174–182.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofia, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928-3936.
Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugs 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85-100.




