PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 DELI TUA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2704Keywords:
Berpikir Komputasi Matematis, Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah, SMPAbstract
Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan. desain one group pretest-posttest dengan Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua yang terdiri dari lima kelas dan Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator berpikir komputasi, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 58,29 menjadi 91,84 pada posttest,selisih 33,55%.Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir komputasi matematis siswa.
Downloads
References
Adolph, R. (2016). kajian teori computasional thinking. 1–23.
Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348–
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6083
Aridiyanto, M. J., & Penagsang, P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi (Studi Kasus : Koperasi Di Surabaya Utara). JEB17 : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(01), 27–40. https://doi.org/10.30996/jeb17.v7i01.6542
Azizatul, R. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. 6, 480–489.
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Kuliah, M., & Bahan, P. (n.d.). Buku Model Problem Based Learning ( PBL ). http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Litia, N., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Profil Berpikir Komputasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Belajar di SMA N 1 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1508–1518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2270
Manullang, S. B., Simanjuntak, E., Matematika, J., Negeri, U., William, M. J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., Tuan, S., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 06(01), 7786–7796.




