PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 DELI TUA

Authors

  • Isma Rila Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Rosliana Siregar Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Isnaini Halimah Rambe Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2704

Keywords:

Berpikir Komputasi Matematis, Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah, SMP

Abstract

Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan. desain one group pretest-posttest  dengan Populasi seluruh  siswa kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua yang terdiri dari lima kelas dan  Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator berpikir komputasi, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 58,29 menjadi 91,84 pada posttest,selisih 33,55%.Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir komputasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolph, R. (2016). kajian teori computasional thinking. 1–23.

Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348–

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6083

Aridiyanto, M. J., & Penagsang, P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi (Studi Kasus : Koperasi Di Surabaya Utara). JEB17 : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(01), 27–40. https://doi.org/10.30996/jeb17.v7i01.6542

Azizatul, R. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. 6, 480–489.

Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239

Kuliah, M., & Bahan, P. (n.d.). Buku Model Problem Based Learning ( PBL ). http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Litia, N., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Profil Berpikir Komputasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Belajar di SMA N 1 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1508–1518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2270

Manullang, S. B., Simanjuntak, E., Matematika, J., Negeri, U., William, M. J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., Tuan, S., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 06(01), 7786–7796.

Downloads

Published

2025-10-30