PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN KUIS DIGITAL QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL JADID
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2702Keywords:
Hasil Belajar Kognitif, Merasionalkan Penyebut, Penelitian Tindakan Kelas, Quizizz, Student Teams Achievement Division (STAD)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII (G) SMP Nurul Jadid pada materi merasionalkan penyebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan aplikasi Quizizz. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif dan kurangnya keterlibatan siswa akibat dominasi metode konvensional yang memicu kebosanan dan sikap individualis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII (G) SMP Nurul Jadid. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes formatif di setiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 62,91 dengan persentase ketuntasan sebesar 45,83% (11 siswa tuntas). Setelah perbaikan tindakan pada Siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 77,91 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33% (20 siswa tuntas). Peningkatan ini telah melampaui target ketuntasan PTK sebesar 50% dan nilai rata-rata 70. Peningkatan hasil belajar ini didukung oleh peningkatan aktivitas siswa, di mana model STAD efektif mendorong kolaborasi dalam kelompok heterogen, sedangkan aplikasi Quizizz berhasil meningkatkan motivasi dan minat siswa melalui kuis digital yang kompetitif dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar kognitif siswa.
Downloads
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Eka, A., & Fajriah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan.
Ikhsanidin, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Software Wingeom terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Materi Geometri. Jurnal Pendidikan.
Isnaini, F., & Kurniawan, M. I. (2020). The Concept of STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model According to Robert E. Slavin: Konsep Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achivement Devision)
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73.
Nasaruddin, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.
Rismatio, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 131-147.
Sukmawati, W., et al. (2022). Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia. Lingua Skolastika, 4(1).




