PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM MATRIKULASI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK KOKNITIF

Authors

  • Hullyatul Badi’a Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Arini Hidayati Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Dwi Oktaviana Jamil 3SMAS Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2695

Keywords:

aspek kognitif, aritmetika sosial, kesiapan belajar, Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapa media pembelajaran berbasis Quizizz untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa pada aspek kognitif dalam materi Aritmetika Sosial (diskon dan paja). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus di SMAS Nurul Jadid dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas X program matrikulasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dapat meningkatkan kesiapan dan motivasi belajar siswa secara signifikan. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 52 pada siklus I menjadi 73,33 pada siklus II, dan ketuntasan klasikal naik dari 20% menjadi 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Quizizz efektif dalam meningkatkan kesiapan belajar kognitif siswa pada materi Aritmetika Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrillian, Hendrisa, Scolastika Mariani, Ardhi Prabowo, Zaenuri Zaenuri, dan Walid Walid. 2024. “Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4(2):751–67. doi:10.51574/jrip.v4i2.1444.

Dhera, Maria Magdalena, Edeltrudis Ti’a, Yosevina Uge Lawe, dan M. Ignasia S. Sego. 2024. “Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(4):9. doi:10.47134/pgsd.v1i4.827.

Mesterjon, Suwarni, Hermawansayah, Dwi Rulismi, Supama, Azharuddin Sahil, dan Zulkarnain Dali. 2024. “Effectiveness of the Use of Quizizz Media on Students’ Learning Interest.” Futurity Education 4(2):245–62. doi:10.57125/FED.2024.06.25.13.

Nurharyanto, Dwi Widyastuti. 2021. “PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR & KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.” tesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Saputro, Yohanes Dwi, dan Muji Lestari. 2022. “Evaluasi Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Journal of Informatics and Vocational Education 5(2). doi:10.20961/joive.v5i2.68074.

Setia Wardana, M. Yusuf, dan Yuwenti Rifaldiyah. 2019. “Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika.” Thinking Skills and Creativity Journal 2(1):19–26. doi:10.23887/tscj.v2i1.18380.

Susanti, Vera Dewi, Edy Suprapto, dan Yuli Anis Wardani. 2022. “Development Of Android-Based Edutainment Game Learning Media On Phytagoras Theorem For Junior High School Students.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14(3):3931–42. doi:10.35445/alishlah.v14i3.1978.

Downloads

Published

2025-10-30