PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2677Keywords:
Matematika, Minat Belajar, Software Autograph, SPLDV, Student Teams Achievement Division (STAD)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan software Autograph terhadap minat belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 30 siswa di kelas X-6. Dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada semua aspek minat belajar setelah penerapan model STAD berbantuan Software Autograph. Nilai rata-rata skor angket minat belajar meningkat secara konsisten, seperti keterlibatan aktif (dari 3.2 menjadi 4.5), kepuasan materi (dari 3.0 menjadi 4.3), keinginan belajar (dari 2.8 menjadi 4.1), rasa percaya diri (dari 3.4 menjadi 4.4), dan keterbukaan dalam kerja kelompok (dari 3.5 menjadi 4.6). Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi metode pembelajaran STAD dengan teknologi visualisasi interaktif seperti Software Autograph mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Validasi ahli terhadap perangkat ajar menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan 4.3 (kategori sangat valid), mendukung kelayakan pendekatan ini untuk digunakan secara luas dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, penerapan STAD berbantuan Software Autograph merupakan strategi efektif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (terj. Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.




