UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK” DI SMAN 21 MEDAN

Authors

  • Yolanda Universitas Islam Sumatra Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2674

Keywords:

hasil belajar, matematika, minat belajar, problem solving, TikTok

Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 21 Medan dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimental Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 21 Medan yang berjumlah 40 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Postest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) observasi, 2) skala minat belajar matematika dan 3) tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji prasyarat minat dan hasil belajar matematika siswa berdistribusi normal. Data minat belajar matematika siswa sebelum perlakuan dengan skor rata-rata 70,76, dan data minat belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok dengan skor rata-rata 80,92 sedangkan hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok 43,98, dan data hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok 83,55, ini berarti model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa dibandingkan sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok meningkatkan minat belajar matematika terhadap siswa. Dimana hasil uji korelasi 0,640 dengan indeks determinasi = 0,50-0,75, artinya Model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok berkorelasi kuat terhadap minat belajar matematika siswa; 2) Model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang signifikan dengan t hitung  t tabel atau 2,251  1,665. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa menggunakan Model pembelajaran problem solving berbantuan media sosial TikTok di SMAN 21 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ansori, M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University

Press.

Anshori, M., & Iswati, S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Airlangga University Press.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Istiqomah. (2017). “Penerapan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pelangi. Vol 9, No 2.

Isrok’atun, Rosmala Amelia. (2013). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Perdana, Mayang. “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Sudut Pusat Dalam Pemecahan Masalah”. (Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Tulung Agung).

Purwanto, M., Ngalim. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Shadiq. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2019) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syardiansah. (2017). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II) Jurnal Manajemen Dan Keuangan, VOL.5, NO.1, MEI 2016.

Wijaya. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuli Arinta Dewi, Windadari Murni. (2019). Metode Penelitian Dan Statistik. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Downloads

Published

2025-10-30