PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN PANCAKARYA 02 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025
Keywords:
berpikir kritis matematis, hasil belajar, kemampuan penalaranAbstract
Tujuan penelitian 1) pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. 2) pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. 3) Interaksi pengaruh antara kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan tabel ANOVA, diperoleh nilai F hitung sebesar 8,911 dengan tingkat signifikansi 0,001. Dengan nilai t = 9,247 dan signifikansi 0,001 memperkuat kesimpulan bahwa penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 2) Hasil uji ANOVA menunjukkan nilai t = 8,304 dan signifikansi 0,004. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 3) Berdasarkan hasil uji ANOVA, diperoleh nilai F hitung = 9,081 dengan tingkat signifikansi 0,003. Dari hasil uji t, koefisien penalaran memiliki nilai t = 9,270 dengan signifikansi 0,001, sedangkan berpikir kritis memiliki nilai t = 8,321 dengan signifikansi 0,001. Kedua variabel independen ini signifikan pada taraf 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis Bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025.
Downloads
References
Firdaus, A., & Winarti, E. R. (2022). Manifestasi berpikir kritis matematis dalam pembelajaran sekolah dasar: Tantangan dan strategi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 34-47.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2020). Profil kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 91-104.
Maharani, S., & Laelasari, L. (2022). Implementasi pembelajaran matematika berbasis penalaran dan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 142-155.
Nursaadah, I., & Amelia, R. (2021). Pendekatan pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kemampuan penalaran dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 52-64.
Putri, N. S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk-Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta Analisis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 771-785.
Rahmawati, N. D., & Suryanto, S. (2021). Analisis Indikator Hasil Belajar Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Dikdaktik Matematika, 8(2), 149-163.
Sulistiawati, S., & Rahayu, P. (2020). Karakteristik lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1006-1017.
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar: Tinjauan teoritis dan praktis. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 279-290.
Widodo, S., & Kartikasari, P. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sekolah dasar: Analisis komprehensif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 87-100.




