Tinjauan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Model Pembelajaran Inkuiri dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.249Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis pengaruhnya terhadap hasil belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar?, 2) apakah ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, dan 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar? Tujuan: 1)mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar, 2) mengetahui adakah pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, 3)mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 sejumlah 66 siswa di SMA Negeri Plus Sukowono semester ganjil tahun ajaran 2016/2017,pengambilan sampel menggunakan metode population resech .Daerah penelitian ditentukan dengan metode judgmen area. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan metode angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas,4) uji multikolinieritas,5) uji heterokedastisitas. Uji hipotesis dengan: 1) analisis regresi, 2) uji F, 3) uji t, 4) uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar, 2) nilai sig. dari variabel kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 52.402 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Saran yang diajukan agar para guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan analisis faktor internal kemampuan berpikir kritis karena dapat meningkatkan hasil belajar utamanya pada mata pelajaran kimia.
Downloads
References
Daniel, Fasko Jr. 2001. Education and Creativity. Creativity Research Journal. Bowling Green State University.
Rusmiyati, A., & Yulianto, A. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menerapkan Model Problem Based Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5:75-78
Sochibin, Dwijananti, & Marwoto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis SiswaSD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang, (5) 96-101.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunardi. 2008. Kimia Bilingual SMA XI. Bandung: Yrama Widya.
Unggul Sudarmo. 2008. Kimia SMA. Jakarta: Erlangga.
Weiner, John M. 2011. Is There a Difference Between Critical Thinking and Information Literacy? A Systematic Review 2000-2009. Journal of Information Literacy.