PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

Authors

  • Claudia Joti Lestriani Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2470

Keywords:

Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Rambang Dangku. Model Jigsaw merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif yang menekankan pada tanggung jawab individual dalam memahami materi tertentu, yang kemudian dibagikan kembali dalam kelompok asal. Pendekatan ini diyakini mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan mengembangkan kemampuan komunikasi, termasuk dalam konteks pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Posttest-Only  Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Jigsaw dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang disusun berdasarkan indikator komunikasi matematis, seperti kemampuan menyatakan ide, menggunakan simbol matematis, dan menjelaskan solusi secara logis. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney karena hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,71 > 0,05, yang mengindikasikan bahwa model Jigsaw tidak memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi peluang. Model ini dapat menjadi alternatif efektif dalam strategi pembelajaran matematika yang menuntut partisipasi aktif dan keterampilan komunikasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahraa, N. D., Rahmatina, A., dkk. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial SMP. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol.7, 482-488

Handayani, V., Fatimah S., dkk. (2022).Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Sosial Humaniora Vol.5, 125-130.

Kusumawati, N., & Aridanu, I. (2023 Hal:33-217). Stastistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Perpustakan Nasional Katalog dalam Terbitan (KDT).

Laia, H. T, & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmu pendidikan Nonformal Vol.7, 463-474.

Lestari, E. K & Yudhanegara, R.M. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, Vol 13, 28-33.

Lovez, E., Rustam, & Sayu, S. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matemtika Siswa Pada Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik Vol.4, 26-32

Maharani, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika vol.5, 66-70.

Mu'minati, S.I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dalam Menumbuhkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-176.

Nantara, D. (2022). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan disekolah dan peran guru. Jurnal pendidikan vol.6, 2251-2260.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Jurnal pendidikan Matematika Vol.2, 207-222.

Putra, A. (2021 Hal: 18). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Sabungan, S., Holila, A,. Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi MathEdu (Mathematic Education Journal) vol.2, 83-89.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles