PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN

Authors

  • Dinda Agnes Wildivya Universitas Islam Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Afnaria Universitas Islam Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Zainal Azis Universitas Islam Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2428

Keywords:

modul pembelajaran, penalaran matematis, problem based learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, P. T. W., Krissandi, A. D. S., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan Penalaran Matematis dan Minat Belajar Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 2746–1920.

Auliza, Z., Rizmahardian, A. K., & Kurniati, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Kemampuan Multipel Representasi Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI IPA SMA Adisucipto Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 7(1), 73–81.

Hilaliyah & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125–133.

Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1), 72–85.

Muhyi. (2018). Metodologi Penelitian. Surabaya : Afif Adi Buana University Press.

Mukuka, A., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2021). Mediating Effect Of Self-Efficacy On The Relationship Between Instruction And Students Mathematical Reasoning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 73–92.

Putri, A. A., & Isnaningrum, I. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi SPLDV di SMK Hutama Kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Original Research, 10, 201–210.

Sari, D. P., & Darhim, D. (2020). Implementation Of React Strategy To Develop Mathematical Representation, Reasoning, And Disposition Ability. Journal on Mathematics Educations, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156.

Siregar, R., & Lubis, S. N. (2022). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan realistic mathematics education pada materi barisan dan deret. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 51–60.

Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13–27.

Sudarti, N. K. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Kecemasan Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri Se-Kota Singaraja. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 81. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.13956.

Sundari, I., Fuadiah, N. F., & Fakhrudin, A. (2022). Pengembangan Modul Materi Geometri Kelas IV Berbasis Masalah Berorientasi pada Penalaran Matematis Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.35.

Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 166–174.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles