PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PENJUMLAHAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2414Keywords:
PBL, media konkret, pemecahan masalah matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media konkret di siswa kelas I SD pada materi penjumlahan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus di kelas I SD NU Nawa Kartika Kudus dengan jumlah subjek 32 siswa. Model PBL diterapkan dengan menggunakan media konkret berupa sedotan dan papan penjumlahan. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari tahap prasiklus ke siklus II. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 61,9 pada prasiklus menjadi 77,5 pada siklus I, dan 87,8 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari prasiklus sebanyak 43,8% menjadi 81,3% pada siklus I dan 90,6% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan media konkret terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penjumlahan.
Downloads
References
Anggiana, R. P., dkk. 2021. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 180–188.
Anwar, K., & Jurotun, J. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104.
Aulia, N. S., dkk. 2021. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 524–533.
Elita, G. S., dkk. 2019. Pengaruh Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Kasma.2019.Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajuara.Skripsi tidak diterbitkan.Makassar:Universitas Muhammadiiyah Makassar
Lewin, K. 2007. Introduction to Action Research. Sage Publications Sage.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. CV Budi Utama
Narayani, K. A. D., dkk. 2020. Pengaruh model problem based learning berbasis budaya lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 125–133.
Pratidina, D. A., & Nindiasari, H. 2023. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kerangka Kerja TPaCK : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1841–1850.
Putri, R. S., dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model PBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331-340.
Reski, M. F., Rahayu, R., & Gustiani, S. 202). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Jurnal Basicedu, 6(3), 4526–4534.
Siswanto, E., & Meiliasari. 2024. Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: Systematic Literature Review. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1), 45–57.
Sundari dan Fitria, Yanti. 2021. Penggunaan Model Problem Based dalam Mengatasi Permasalahan IPA Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi UNP. 21 (1),56-61
Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenamedia Group.
Syamsuadi, A., & Yusran. 2022. Efektivitas pembelajaran matematik melalui penerapan pendekatan saintifik setting kooperatif pada siswa kelas VII SMPIT Umar Bin Khattab Kabupaten Pangkep. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 61–72.
Turmuzi, M., dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pijar MIPA, XIII(1), 45–50.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. 2021. Efektivitas model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.