UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS 1 SD 4 BULUNGCANGKRING

Authors

  • Ika Ariwanti Fathonah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Rihayati SD 4 Bulungcangkring Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2411

Keywords:

kemampuan koneksi matematis, Make a Match, penjumlahan, pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas I SD Negeri 4 Bulungcangkring melalui penerapan model pembelajaran Make a Match pada materi penjumlahan hingga 20. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan nyata, pelajaran lain, serta antar konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan koneksi matematis siswa dari pra siklus sebesar 38,71% menjadi 51,61% pada siklus I dan mencapai 83,87% pada siklus II. Model Make a Match terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, mendorong diskusi kelompok, serta membantu siswa memahami konsep matematika secara kontekstual. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif berbasis Make a Match dapat menjadi alternatif strategi yang menyenangkan dan bermakna dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, D., & Nugroho, S. (2021). Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–120.

Antika, R., & Hadi, S. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Model Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 12(1), 23–31.

Arisnandar, A., dkk. (2021). Pendidikan sebagai Kunci Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Era Global. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Dzikri, M. H., Sari, R. A., & Fajriyah, N. (2023). Integrasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 89–97. https://doi.org/10.25273/jpm.v14i2.15837

Fadilah, N. (2021). Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 9(2), 77–85.

Handaryani, T., & Pudjawan, K. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Aktif terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 145–153.

Hanifah, A., & Pujiastuti, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Antar Disiplin Ilmu. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 7(2), 134–143.

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/12987

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segiempat Di Smp. JIPMat, 6(1), 85–91.https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.7985

Karim, A., & Wulandari, R. (2022). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Koneksi Matematika dengan Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Alif Ba Ta, 5(1), 27–36. Diakses dari https://journal.staidk.ac.id/index.php/alifbata/article/view/284

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III melalui media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034.

Kurniawan, H., Oktavianti, I., & Riswari, L. A. (2022). Penyebab kesulitan dalam belajar siswa di Desa Bendan Pete pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(2), 81–86.

Lestari, S. D., Khamdun, & Riswari, L. A. (2023). Penerapan model Make a Match dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Boloagung 02. Assabiqun: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 5(2), 592–603. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Masitoh, S. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 45–53.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v10i1.19322

Muhalimah, A. P., Lestari, R., & Riswari, L. A. (2023). Analisis penalaran dan pemecahan masalah matematika terhadap siswa kelas III pada bimbel Teras Belajar. MAJU, 10(2), 1–9.

Novakhta, V. S., Sundari, F. S., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan model Project Based Learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V E di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 1070–1077. ISSN Cetak: 2477-5673. ISSN Online: 2614-722X.

Prasetyo, A., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Model Make a Match terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 45–53.

Prasetyo, A. (2021). Integrasi Pembelajaran Matematika dan IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 18(3), 233–245.

Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas I SD materi penjumlahan dan pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1)

http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE

Safitri, I., & Prasetyo, A. (2023). Korelasi antara Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Lattice: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 14–24.

https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324

Santosa, A., & Lestari, I. (2022). Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 89–97.

Seasfaot, L., Bien, Y. I., & Abi, A. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.236(Jurnal Cendekia)

Setiyawan, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Menghubungkan Konsep Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 54–61.

Setyawati, Rina D., et al. 2021. "Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Level Kognitif Siswa Kelas VIII." Jipmat, vol. 6, no. 2. doi:10.26877/jipmat.v6i2.10022.

Sulistyaningsih, D., Palupi, Y., & Sumpana, S. (2024). Analisis Kesulitan dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Kepek Tahun Pelajaran 2024/2025. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(2), 119–126.

Widiyawati, Seprian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Yestina, & Ratnaningsih, D. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Konsep Dasar Operasi Bilangan. Indonesian Journal of Applied Research, 4(1), 45–52. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/IJAR/article/view/6996

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles