PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ULAR TANGGA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2410Keywords:
PBL, Pemahaman Konsep, Ular TanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI SD Negeri 3 Jati Wetan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media ular tangga dengan melihat hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklus terdiri atas 4 tahap dalam siklus PTK yaitu, perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan data pra siklus dengan rata-rata 44% dengan kriteria sangat kurang, siklus I 68% dengan kriteria cukup baik dan siklus II 84% dengan kriteria baik, data ini menunjukkan peningkatan dalam pra siklus hingga siklus II. Pada pra siklus terdapat 1 peserta didik yang tuntas dan 7 peserta didik belum tuntas, siklus I terdapat 5 peserta didik yang tuntas dan 3 peserta didik belum tuntas, siklus II terdapat 7 peserta didik tuntas dan 1 peserta didik belum tuntas. Data hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, oleh karena itu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media ular tangga efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Downloads
References
Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 40-43.
Aminarti, F., Ayumi, A., & Siregar, D. S. (2024). Studi Pustaka Tentang Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 293-301.
Devantari, N. M. A. V., Wiyasa, I. K. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Problem Based Learning Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sd. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1520-1527.
Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127-133.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta didik. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41
Rahayu, H. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Konkrit di RA An-Nur Desa Berembang Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Internasional Journal Educational Maysa Research, 1(1), 308-321.
Rahman, A., Khaeruddin, & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Rosita, E., Utomo, A. P., Azizah, S. A., & Sukoco, S. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis kearifan lokal berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1-13.
Sofiyan, A. (2022). Skripsi Pengaruh Media Biologi Ular Tangga (Biolarga) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Materi Binomial Nomenklatur. Repositori Universitas Tidar.
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339.
Widyaningsih, S. W., Rumansara, T. H., & Yenusi, K. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Fisika Di Smas Advent Manokwari. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1-10.