ANALISIS DISKRIMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 1 CITEUREUP
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2406Keywords:
analisis diskriminan, literasi, matematikaAbstract
Dalam konteks pendidikan di Indonesia, kemampuan literasi matematis siswa menjadi perhatian utama, terutama karena hasil survei internasional seperti Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam literasi matematis masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Citeureup. Terdapat 122 responden pada penyebaran kuesioner yang berkaitan dengan topik tersebut. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang sangat berpengaruh positif adalah minat siswa dan dukungan orang tua. Terlihat dari model diskriminan yang terbentuk dan model tersebut mampu memprediksi sebesar 60,7%.
Downloads
References
Amelia, K. N. S. E., & Lestari, K. E. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 136-145.
Anderson, J. C. 1984. A method for determining matrix structure in path analysis. Journal of Applied Psychology, 69(4), 456–462.
Cahyaningsih, I., & Murdiyani, N. M. 2022. Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMK jurusan seni budaya. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 69-82.
Guilford, J. P. 1956. Fundamental statistics in psychology and education (3rd ed.). McGraw-Hill.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2010. Multivariate data analysis: A global perspective (7th ed.). Pearson Education.
Legowo, M. B. 2016. Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan metode analisis diskriminan. Jurnal Teknologi, 9(2), 108-115.
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 63-73.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. 2021. Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. 2021. Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Sarwono, J. 2013. Statistik multivariat aplikasi untuk riset skripsi. Penerbit Andi.
Sopiany, H. N., Juandi, D., & Sari, R. M. M. 2022. Implementation of the school literacy movement development stage in fostering secondary school students’ mathematical literacy skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2279, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.
Stacey, K. 2011. The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on mathematics education, 2(2), 95-126.
Sujarweni, V. W. 2014. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Sulfayanti, N. 2023. Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382-388.
Susanti, R. 2005. Sampling dalam penelitian pendidikan. Jurnal Teknodik, 187-208.