ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS IX

Authors

  • Putri Permatasari Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2403

Keywords:

analisis, Kemampuan pemecahan masalah, kepercayaan diri

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Hal itu dikarenakan kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan umum dari pembelajaran matematika, bahkan bisa disebut sebagai jantungnya matematika, pemecahan masalah juga merupakan proses inti dalam kurikulum matematika. Tujuan dari kajian ini untuk mendeskrisikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jenis kajian yang digunakan adalah metode kualiatif yang bersifat deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 6 orang yang masing-masing diambil dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah, pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data pada kajian ini menggunakan tes dan observasi langsung.  Soal tes yang diberikan berjumlah 3 butir soal dengan materi sistem persamaan linear dua variabel yang bersumber dari buku cetak matematika SMP/MTs yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2022. Hasil pembahasan diperoleh bahwa siswa dengan kepercayaan diri yang tinggi memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335-344.

Hali, F., Rahayu, D. S., & Sari, D. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self confidence. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 47-53.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Imanisa, N., & Effendi, K. N. S. (2023). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 773-784.

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019, February). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-confidence. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 704-709).

Polya, G. (1985), How To Solve It, Princeton University Press, Princeton and Oxford.

Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021). Pemikiran george polya tentang pemecahan masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25-31.

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat self-confidance peserta didik kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212-223.

Ruka, Y. L., Nurhayati, N., & Buyung, B. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VIII SMP Torsina II Singkawang. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(4), 110-122.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles