PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMPN 1 PAGUYAMAN

Authors

  • Safrudin A. R. Umar Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Syamsu Qamar Badu Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Madjid Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Sumarno Ismail Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2402

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Power point, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Power point pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP, 2) mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran dengan software Power point pada proses pembelajaran matematika khususnya materi tentang “Sistem Persamaan Linier Dua Variabel” 3) Mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran dengan Power point pada pembelajaran matematika khususnya materi tentang “Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi media, angket validasi materi, angket respon siswa serta angket respon guru. Media yang dikembangkan diuji coba oleh guru matematika dan 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paguyaman. Media pembelajaran interaktif berbasis Power point pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel memperoleh rata-rata persentase dari ahli media sebesar 88,89% yang dikategorikan “Sangat Layak”, rata-rata persentase dari ahli materi sebesar 90,33% yang dikategorikan “sangat layak”. Pada hasil penilaian uji coba memperoleh respon positif dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 89,67% yang dikategorikan “sangat baik” dan rata-rata persentase respon guru sebesar 91,67% yang dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif berbasis Power point dapat dikatakan layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Badu, R. (2019). Inovasi dalam pembelajaran matematika: Mengatasi kebosanan siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 115-123.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dalam pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 40-50.

Dwiranata, D., Salim, A., & Pratama, R. (2019). Pentingnya pendidikan matematika dalam perkembangan teknologi. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Majid, A. (2020). Pembelajaran matematika yang interaktif dan kontekstual. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 15(3), 87-95.

Megawanti, A. (2012). Pendidikan dan pengentasan kemiskinan. Jurnal Pembangunan Manusia, 8(3), 220-230.

Setyadi, S. (2017). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-10.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. G. (2013). Model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 123-130.

Wulandari, R., Nasution, E., & Putri, N. (2016). Posisi matematika dalam kurikulum pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 101-110

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles