KLASTERISASI TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA SMP BESERTA HUBUNGANNYA

Authors

  • Raka Aghan Hafizd Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2398

Keywords:

Kemampuan penalaran matematis, Kemampuan pemecahan masalah matematis, k-means clustering

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam materi Sistem Persamaan Dua Variabel. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telukjambe Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Telukjambe Barat yang berjumlah 714 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 Siswa. Untuk mengungkapkan kemampuan tersebut digunakan instrumen tes berupa soal uraian materi Sistem Persamaan Dua Variabel. Pada penelitian ini, data dari setiap instrumen diolah melalui penskoran. Setelah proses penskoran, data dikelompokkan menggunakan metode k-means clustering, dan selanjutnya data akan diuji menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil Penelitian ini menunjukan, pada keseluruhan sampel bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sedangkan pada cluster 1 terdapat hubungan tetapi tidak signifikan dan positif dengan tingkat hubungan yang rendah. Untuk cluster 2 menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif, dengan tingkat hubungan yang sedang atau cukup. Pada cluster 3 menunjukkan terdapat hubungan tetapi tidak signifikan dan tidak searah, dengan tingkat hubungan yang lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisi Kemampuan Penalaran dan Self Confidance Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Aljabar. Jurnal SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 77–83.

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 602-609.

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 182–190.

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80–94.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Satriani, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Eksponen dan Logaritma. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 193–200.

Selvia, S., Rochmatin, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Pada Materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 261–270. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p261-270

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis Ratna. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wulandari, I. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Mind Mapping. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles