PENERAPAN ANALISIS REGRESI BERGANDA PADA PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2397Keywords:
Analisis regresi berganda, Gaya hidup, IPK, MahasiswaAbstract
Pendidikan merupakan suatu proses yang terencana dan dilaksanakan secara sadar untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan potensi peserta didik secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai aspek gaya hidup terhadap prestasi akademik mahasiswa menggunakan metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan diambil dari platform Kaggle, mencakup variabel gaya hidup seperti jam belajar, jam tidur, jam bersosialisasi, jam ekstrakurikuler, dan jam aktivitas fisik, serta indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan memengaruhi prestasi akademik sebesar 58%, dengan kontribusi terbesar berasal dari pola tidur dan aktivitas ekstrakurikuler, sementara 42% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi yang diperoleh mengindikasikan hubungan negatif antara sebagian besar variabel gaya hidup dengan IPK. Studi ini menegaskan pentingnya pengelolaan gaya hidup yang seimbang untuk mendukung pencapaian akademik yang optimal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan strategi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi akademik.