PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN MELALUI MODEL PBL BERBANTU MEDIA “CONGVIDIN” SISWA KELAS II SD 1 SADANG TAHUN 2024/2025

Authors

  • Retno Setiyarini Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nur Hadi Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2394

Keywords:

Hasil Belajar, media Congvidin, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Congvidin (Congklak dan video interaktif) siswa kelas II SD 1 Sadang. Subjek penelitian 21 siswa kelas II. Metode Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus, dengan setiap siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Ketuntasan belajar sebelum tindakan (prasiklus) mencapai 33,33%, meningkat menjadi 52,38% pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,92% pada siklus II. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantu media Congvidin efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi perkalian di kelas II SD 1 Sadang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsubaie, M. A. (2020). The effectiveness of traditional games in developing mathematical thinking skills among elementary school students. International Journal of Education and Practice, 8(3), 456–470.

Ananda, S. D., Khamdun, & Masfuah, S. (2024). Permasalahan kontekstual dalam pembelajaran matematika: Temuan dari kehidupan sehari-hari siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140.

Fauziyah, U., & Handayani, R. (2020). Pentingnya Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 120-127.

Fitriyani, D., Setiawan, W., & Sutisna, A. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbantu Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Hadi, N. (2020). Powerspring Sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran Yang Asyik Dan Menyenangkan Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD 143 BAGI SISWA SD. Jurnal Tunas Nusantara

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2021). Facilitating collaborative knowledge building: A comparison of problem-based learning and traditional instruction in medical education. Advances in Health Sciences Education, 26(1), 45–62.

Maria, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Dengan Menggunakan Media Congklak di SD Katolik Wetakara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora.

Masfuah, S. (2016). Pictorial riddle melalui pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 104–109.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Mulyono, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Formatif. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(3), 112-119.

Munawaroh, H. N., Damayanti, T. A., Tunjungsari, Sulastri. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Pembagian melalui Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Congklak. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru

Pratiwi, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Interaktif Berbasis PBL terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Putri, D. A., & Suparman, S. (2020). Penggunaan Media Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Ramadhani, A., & Prasetyo, Z. K. (2023). Pengaruh penggunaan video interaktif berbasis konteks lokal terhadap keterlibatan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 22–30.

Safitri, R. M., & Yuliani, K. (2022). Integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 104–112.

Sari, N., & Pratama, A. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Perkalian. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 45-52.

Sari, D. N., & Pratama, R. (2021). Pembelajaran Perkalian sebagai Dasar Pemahaman Matematika Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika

Suryani, N., Handayani, S., & Hidayati, N. (2023). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Wahyudi, T. (2020). Implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 45–53.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles