ANALISIS PEMAHAMAN SISWA MENGENAI POSISI BENDA TERHADAP BENDA LAIN MELALUI MATEMATIKA REALISTIK BERBANTU LABIRIN

Authors

  • Faza Awaliyatul Hikmah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Maghfirotul Ulia Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2393

Keywords:

Matematika Realistik, Media Labirin, Posisi Benda

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang) dengan menggunakan model pendidikan matematika realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD 2 Bacin Kabupaten Kudus yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berupa labirin dan permainan berkelompok. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar siswa kelas 1 SD 2 Bacin sudah mampu menentukan posisi benda terhadap benda lainnya, sebagian kecil siswa masih belum mengetahui posisi benda di samping kanan dan kiri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dilihat dari proses permainan berkelompok yang berupa penerapan masalah realistik dan media labirin siswa sudah memiliki kemampuan dalam menentukan posisi benda terhadap benda lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.687

Alfandi, A., Karma, I. N., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Labirin Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan Materi PPKn Kelas III SDN 2 Seteluk. Journal of Science Instruction and Technology, 1(2).

Amila, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN DIVERSITY DOLL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA KHOIRON TELUK BETUNG. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Bado, B. (2022). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. Tahta Media Grup.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Gusteti, M. U., Elza, S. S., Cahyati, V. N., Fajriah, N. A., Julita, D. D., Lathif, A., Gustina, R., Ramadhani, R., Rahmadani, H., Resi, N., & others. (2024). Innovative Math Teaching Tools: A Guide for Educators. MEGA PRESS NUSANTARA.

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64.

Indah, T., & Jaya, M. P. S. (2023). The Effect of Labirin Media on the Ability of Children’s Problem Solving in Early Childhood Education Barokah Citra in Talang Cempedak Ogan Komering Ilir. Journal on Education, 5(3), 7230–7244. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1166

Kartini, T. (2023). Dampak Pembelajaran Sejak Dini Untuk Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 10(3), 143–167.

Maimanah, S., Prasetyo, D., & others. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25–35.

Mauliddiyah, N. L. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI KALIPUTIH SKRIPSI. 6.

Miftah, M., & Lamasitudju, C. A. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz dan Game Edukasi) Interaktif pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online, 10(1), 75–84.

Nurrohmah, A., Maslinawati, M., Aprilia, L., Yulistia, Y., Ahmad, L. H., & Elnawati, E. (2024). Kecerdasan Anak Didik Yang Mempengaruhi Perkembangan Holistik Individu. Calakan: Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Budaya, 2(3), 150–162.

Nuswantari, A. S., Marlina, A., & Samsudi, S. (2021). Penerapan Konsep Ramah Anak Pada Taman Pintar Di Sukoharjo. Senthong, 4(1).

Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33.

Putri, S. A. L. E., Prawiyogi, A. G., & Asmara, A. S. (2021). Analisis Model Cooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(1), 456–463.

Ramadhani, N., Andriansah, M., Erfansyah, M., & Zuliana, E. (2024). PERAN PERMAINAN EDUKATIF TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 16–27.

Rindiantika, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Word Wall: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 93–102.

Rohmah, D. P. K., Ivania, V., & Zuliana, E. (2024). Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Media Bambu. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02), 35–43.

Sari, A. P., Jamaludin, & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 01(01), 1–10.

Simamora, D. K., Maria, N. S., Adhawina, R., Manik, R. S., Khafifah, S., & Siregar, B. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang melalui Penerapan RME Berbantuan Geogebra di Kelas IX SMPN 27 Medan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 599–606.

Simanjuntak, I. D. B. (2022). Pengembangan Media Labirin Math Story Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII. Digital Library.

Siswanto, I. (2021). Mendidik Anak Dengan Permainan Kreatif. PBMR ANDI.

Sudrajat, R. (2023). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 8.

Telussa, J., Walakula, J., Damo, A., Muskitta, A., Abrahams, A., Kunci, K., pembelajaran Berbasis Teknologi, M., & Usia Dini, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Didaxei, 4(1), 466–488.

Tiofani, A., Soelasmono, K., & Cintya, H. A. B. (2024). KAJIAN DAMPAK POSITIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTORIK ANAK. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 12(1)

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles