IMPLEMENTASI TEORI GRAF DALAM PENGENALAN RANGKAIAN LISTRIK DIKELAS VI MI HASYIM ASY’ARI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2382Keywords:
Graf, Pengenalan Rangkaian Listrik, Kelas VIAbstract
Teori Graf adalah satu cabang ilmu matematika yang telah memberikan manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari. Graf digunakan sebagai alat untuk menggambarkan objek dan hubungan di antara mereka. Objek tersebut dapat diwakili oleh titik, bulatan, atau noktah, atau disebut simpul vertex (V) sementara hubungan antar objek diilustrasikan dengan garis atau disebut edge (E). Graf merepresentasikan masalah dalam bentuk graf dapat menyederhanakan penjelasan mengenai masalah tersebut. Rangkaian listrik adalah kombinasi komponen-komponen elektronika yang saling terhubung dari berbagai sumber tegangan, membentuk satu kesatuan dengan tujuan dan fungsi tertentu. Untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam rangkaian listrik, penerapan teori graf dapat digunakan. Dalam tulisan ini, akan dijelaskan cara pemanfaatan teori graf dalam konteks rangkaian listrik. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang memiliki sifat ilmiah, melibatkan pengamatan fenomena menggunakan metode penelitian kualitatif.
Downloads
References
Anggi Dwi Novita, Polygon: Jurnal Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1, No. 4 Juli 2023 e-ISSN: XXXX-XXXX; p-ISSN: XXXX-XXXX, Hal 31-38.https://journal.armipaindo.or.id/index.php/Polygon/article/view/20/19
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2010). *Introduction to Research in Education*. Wadsworth Cengage Learning.
Budayasa, I. K., (2007). Teori Graf dan Aplikasinya, Unesa Universitas Press, Surabaya.
Finkelstein, F., et al. (2018). Visual Tools in Teaching Elementary Physics: A Focus on Electric Circuits. Physics Education Research Journal, 14(1), 23-34.
Kelley, R., et al. (2019). Enhancing Understanding of Electric Circuits Using Graph Theory. Journal of Physics Education, 56(3), 45-52.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). *Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods*. Pearson.
Creswell, J. W. (2014). *Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches*. Sage Publications.
K.R. McCaughan, "Using Graph Theory for Electrical Circuits Analysis," *IEEE Transactions on Education*, vol. 56, no. 4, pp. 401-406, 2013.
L.A. Wolsey, *Graph Theory and Electrical Networks*, Springer, 2012.
Iskandar, (2009) "Metodologi Penelitian Kualitatif" (Jakarta: Gaung Persada, cet. 1 h. 11).
Munir, R. (2010). Matematika Diskrit. Dalam Informatika Bandung (4 ed.). Informatika Bandung.
Nurhadi, "Penerapan Teori Graf untuk Pembelajaran Rangkaian Listrik di Sekolah Dasar," *Jurnal Pendidikan Sains Indonesia*, vol. 5, no. 1, 2020.
Rahayuningsih, S. (2018). Teori Graph dan Penerapannya
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Sri Rahayuningsih (2018). Matematika Diskrit dan Aplikasinya dalam Matematika Kontekstual, bab V Pengantar Dasar Teori Graf, Unidha Press
Stoll, J. (2022). Interactive Methods for Teaching Electricity to Young Learners. Journal of Educational Technology, 9(4), 78-90.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.
Zhu, Y., & Wang, L. (2020). Graph-Based Learning in Circuit Design Education. International Journal of Electrical Education, 67(2), 122-130.