KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII

Authors

  • M. Rafi Abiyyu Syah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Marhamah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2381

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan pembelajaran model Problem Based Learning pada materi peluang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 48 Palembang dengan subjek siswa kelas VIII.3 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan desain one shot case study dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan teknik analisis data, penelitian ini mendapatkan rata-rata sebesar 85,4 dengan kategori sangat baik. Dengan indikator merencanakan pemecahan masalah sebesar 78,5, pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah sebesar 77,2, dan pada indikator memeriksa kembali terhadap suatu solusi dan memberikan alasan yang relevan sebesar 83,2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, N. H. T., Tahir, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2548–6950. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10126.

Amir, M. Taufik, (2019). Inovasi Pendidikan melalui model Problem based Learning: Bagaimana Guru Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.

Ardianti, R. Sujarwanto, E. Surahman E. (2018).Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: for Physics Education and Applied Physics Vol. 3(1) : 27-35

Arlianty, W. N. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning sebagai salah satu model pembelajaran efektif di era pandemi covid-19. Jurnal Hurriah : Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian vol. 2 (4), 87-89.

Djadir, dkk.(2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matematika. Jakarta: Kemendikbud

Faujiah, S & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 8 No. 3. Hal 832-833

Hosnan. (2019). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Hudojo, Herman, (2019). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Imam. (2018). “ Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Semarang Uninsula Press

Kadir Firda (2023:1056) Deskripsi kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.34312

Lumbantoruan,J.H, (2019). Buku Materi Pembelajaran Teori Peluang. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia

Nengsih, Y. G., & Kom, M. (2020). Matematika Diskrit. Jakad Media Publishing.

Mariani. (2019) Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and selfconfidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(6), 60-78.

Permatasari, Kristina Gita.(2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogy Journal, Vol.14, No.2 . Jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/issue/view/14

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarman. 2020. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Memecahkan Masalah. Jakarta :GrahaIlmu.

Sugiyanto. (2018). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Alfabeta, cv.

Surya (2017) . The Effectiveness Of Using Problem Based Learning (Pbl) In Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. Ijariie-Issn(O)-2395-4396, 3(2), 3402–3406.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv 9n1_11

Trianto. 2019. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Yew Goh. (2016).Problem Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 75-79.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles