PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS VII SMP

Authors

  • Dapa Rizki Perdana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2376

Keywords:

ADDIE, Video Pembelajaran, Operasi hitung bilangan, Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Video Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 50 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Analisis data yang digunakan adalah Presentase Kevalidan yang dinilai oleh ketiga validator yaitu 2 dosen dan 1 guru mendapatkan skor sebesar  sehingga dikatergorikan sangat valid. Presentase kepraktisan setelah dilakukan uji coba kepada peserta  didik memperoleh  dengan kriteria praktis. Berdasarkan Hasil tes belajar terdapat 17 dari 20 peserta didik yang dicapai ketuntasan  dengan presentase sebesar  sehingga dikategorikan sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, M., Pranata, O. H., & Karlimah, K. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas V SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 292-300.

Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis problem solving pada materi vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249-258.

Asdarina, O., & Khatimah, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matriks Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 860-871.

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87.

Indrawati, N., & Amaliyah, R. (2023). Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa SMP Kelas VII. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-11.

Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291-297.

Joanna, I., & Setyawan, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Contextual Teaching Learning Terhadap HOTS Siswa Kelas V Sekolah Dadar. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 47-58.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2019). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66-74.

Sugiyono. (2019). Metode Penlitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wardani, I. U. (2022). Belajar Matematika SD dengan Pendekatan Scientific Berbasis Keterampilan. Feniks Muda Sejahtera

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles