PENGEMBANGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS BUDAYA JAWA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN

Authors

  • Siti Salmah Oktavia Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Yumira Simamora Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Khoiruddin Matondang Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2374

Keywords:

Model Missouri Mathemattics Project (MMP), Budaya Jawa, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis budaya Jawa yang di kembangkan (2) Untuk mengetahui apakah model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis budaya Jawa dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi trigonometri kelas X SMA Tamansiswa Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (development research) yang menggunakan model ADDIE. Objek penelitian adalah soal kemampuan literasi matematis pada mata pelajaran matematika  pada materi trigonometri menggunakn model MMP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tamansiswa medan tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) Kevalidan; lembar validasi terhadap RPP, LKPD, tes kemampuan literasi matematis (2) Kepraktisan: lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan angket respon siswa terhadap model MMP. (3) keefektifan: tes kemampuan literasi matematis berbasis budaya Jawa. Model pembelajaran yang di kembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Ditinjau kevalidan, nilai rata-rata total validasi RPP senilai 89,23% (sangat valid), selanjutnya total validitas LKPD sebesar 86,80% (sangat valid) dan demikian juga halnya tes kemampuan literasi matematis sebesar 88,89% (sangat valid), angket respon siswa dan angket kebutuhan siswa di nyatakan valid. Ditinjau dari kepraktisan: nilai rata-rata kepraktisan dari angket respon siswa sebesar 87% (sangat praktis) dan dan kebutuhan siswa  91% (sangat praktis). Ditinjau dari keefektifan, dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan tes kemampuan literasi matematis yang memperoleh nilai rata-ratanya meningkat dari uji coba I sebesar 89,61% menjadi 93,48% pada uji coba II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya. (2017). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa: Jurnal Formatif, 7(3):253-261,2017.

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Aprilyani, N., & Hakim, A,R. (2020). Assurance, Relevance, interenst, Assessment, Satisfction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 4, No.1, Maret 2020. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4il2.2549.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91. http://dx.doi.org/10.31949/th.vli2.384.

Asfar, A. I., et al. 2018. Modification of the Missouri Mathematics Project (MMP) Learning Model with the Explicit Instruction (EI) Learning Model to Improve Students' Understanding of Mathematical Concepts. Public Script. 2(VI). Pg. 23-38.

Cahyadi, R.A.H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal. Vol 3. No 1. Hlm 35-43.

Diantari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.3 No.2 Hlm 127-136.

Fahrurrozi. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, 1-12.

Fauziah. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningktakan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Prosiding seminar nasional pendidikan matematika (SNPM) 1.Vol 1. No 1. Hlm 271-284

Iskandar, J. (2016). Peningkatan literasi matematis dan self-regulated learning siswa SMP melalui pembelajaran aktif tipe peer-lesson (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), 2016

Isrok’atun & Rosmala, A. 2019. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Khabibah, Ilham Risywandha dan Siti. (2018).“Literasi Matematika Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Perbedaan Gender.” Jurnal Imiah Pendidikan Matematika Mathedunesa Vol.2 No.7 (2018).

Komalia, Kiki, S B Waluya, Tri Sri, and Noor Asih. (2016). “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dengan Pendekatan RME,” 2016.

Krismanto, Al. 2013. Beeberapa Teknik, Model dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Krisnawati,Y. (2017). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Pernikahan Yogyakarta Oleh Masyarakat di DIY dalam Rangka Penentuan Aspek-Aspek Matematis yang Dapat Digunakan dalam Pembelajaran Matematika di SMP (Tesis). Yogyakarta:Universitas Sanata Dhama.

Liberna, Hawa (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23): halaman 190-197.

Marliani. 2015. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif. ISSN: 2088-315X. Vol 5. No.1Hlm 14-25.

Marliani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal JPPM.Vol 9. No.1 Hlm 33-39.

Marlina (2019) Asesmen Kesulitan Belajar. In: Asesmen Kesulitan Belajar. Kencana,, Jakarta, pp. 1-175 ISBN 978-602-422-776-0.

Nasution, D.J., Simamora, Y., & Maharani, I.(2023). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project berbantuan Geogebra dalam Budaya Melayu untuk meningkatkan Kemampuan Litearsi Matematika Siswa MA Tahun Pembelajaran 2022-2023.Jurnal Pembelajaran dan Matematika, Vol. 9, No. 1. http://doi.org/ 10.36987/jpms.v9i1.4015.

Noviyanti, Kartono, & Suhito. ( 2014). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. JURNAL KREANO, 2(5), 212-218.

OECD, PISA. 2018 . Assement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD publisher

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Ojose. 2011. “Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everiday Use?”.Journal of Education Research and Education, 4(I):89-100.

Prabawati. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Dengan Strategi Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Jurnal pendidikan matematika. Vol1. No8. Hlm 37-48.

Putri, R.A., Simamora, Y., & Bella, R.M.(2023). Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Blog terhadap Kemampuan Literasi Matematika.Journal on Education, Vol. 05, No. 4 Mei-Agustus 2023. http://jonedu.org/index.php/joe.

Rahmi, & Depriwana. 2015. Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education Vol1. No1. Hlm. 28-34.

Rais, D. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1, No. 2, Hal. 189-205.

Ramlan. (2014). Konsep Dasar Matematika. Bandung: PGSD FKIP UNPAS.

Revita, R. 2017. Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Suska journal of mathematics education. Vol1. No3. Hlm 15- 26.

Riski Utami Sari, Dantes, Ardana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5(4), 1-11.

Rosyadi. (2016). Didaktik Metodik Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: KMedia.

Shadiq, F. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Depdiknas.

Siagian, M.D. (2017). Pembelajaran matematika Dalam Perspektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2),61-73.

Sigit Setyawan Putra & Harina Fitriyani. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 312-319.

Simamora, Y., Saragih, S., & Dewi, I.(2023). An Instrument to Test Students’ Mathematical Literacy Skills in Geometry Plane Figures Based on Malay Culture. Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 3, Hlm 432-437.

Simamora, Y., Saragih, S., & Dewi, I.(2023). Efektifitas Media Blog terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Proceedings of the 8th Annual International Seminar on Transformative Education and Education Leadership,AISTEEL 2023, DOI 10.4108/eai.19-9-2023.2340514.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tabiyah dan Keguruan, 41-54.

Soleh. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis PBL Yang Berorientasi Pada Kemandirian Dan Prestasi Belajar. Jurnal Seminar Nasional Matemtika X Universitas Negeri Malang.

Stacey, K. 2010. Mathematical and Journal of Science and Mathematics I Hal. 1-16. Scientific Literacy Around The World Education in Southeast Asia, 33(1):1-16.

Stacey, K., & Turner, R. (Eds.). (2014). Assesing mathematical literacy: The PISA experince. Springer.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, 2015. Seminar Nasional dan Call For Papers Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen. Prosiding.

Wulandari, T., & Hidayah Ansori. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. Hlm 76-81.

Wulandari, T., & Hidayah Ansori. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. Hlm 76-81.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles