ANALISIS RETROSPEKTIF PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1806Keywords:
cooperative learning tipe TAI, ketercapaian tujuan pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasiAbstract
Permasalahan pembelajaran sangatlah beragam, masalah motivasi dan rendahnya keterlibatan siswa sebagian disebabkan adanya rasa tidak percaya diri karena perbedaan minat, tingkat pemahaman, serta gaya belajar siswa. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan dilaksanakannya pembelajaran berdiferensiasi. Penggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI ini efektif untuk dilaksanakan karena mengakomodir dilaksanakannya pembelajaran berdiferensiasi. Ciri khas pada pelaksanaan model cooperative Learning tipe TAI ini adalah menggabungkan antara model pembelajaran kooperatif dan individual. Hasil observasi menunjukkan bahwa seluruh kelompok aktif dalam upaya untuk menghasilkan skor terbesar dimana sistem kompetisi antar kelompok ini menjadi bagian dari rancangan yang disusun oleh guru. Selain itu, setiap anggota kelompok menunjukkan ikut serta berkontribusi secara aktif. Keefektifan digunakannya model pembelajaran ini pada pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, juga ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang digunakan dalam mengukur ketercapaian tujuan belajar. Aktifitas kolaborasi berkelompok menunjukkan 5 kelompok mencapai tujuan pembelajaran dengan 3 kelompok kategori mahir, dan 2 kelompok kategori cakap. Melalui penilaian individu, guru mendapati bahwa dari keseluruhan siswa ketercapaian tujuan pembelajaran, menunjukkan 90% (18 siswa) telah mencapai tujuan pembelajaran, dan terdapat 10 % (2 siswa) yang belum mencapai tujuan pembelajaran. Adapun hasil review pembelajaran yang disajikan melalui web online Quizizz, menunjukkan bahwa 98% siswa memberi tanggapan bahwa pembelajaran menyenangkan dan dapat meningkatkan pemahaman.
Downloads
References
Amalia, L. A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif . Cahya Ghani Recovery.
Anisah, G. (2021). Kerangka Konsep Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Dan Assessment As Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-aufa: Jurnal Pendidikan dan kajian keislaman.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal pendidikan profesi guru indonesia. Jurnal pendidikan profesi guru indonesia.
Heny Khristiani, E. S. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Tangerang Selatan. Tangerang Selatan: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Ases.
Kamal, S. (2021). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas xi mipa sma negeri 8 barabai. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik.
MAULIDA, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 2022, 5.2: 130-138. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam 5.2: 130-138., 130-138.
Mumu, J. &. (2018). Desain pembelajaran materi operasi pada himpunan menggunakan permainan “Lemon Nipis". Jotnal of Honai Math.
Pratiwi, A. (2022). Efektivitas model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pembelajaran matematika. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Pratiwi, A. (2022). Efektivitas model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pembelajaran matematika. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Qomaria, S. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.
Saefiana, S. S. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. Handbook of research on learning and instruction, 4(2), 12-23.
Suyitno, S., Anitasari, M. E., Rakha, R., Kamin, Y. B., & Nurtanto, M. (2022). The Application of The Teams Assisted Individualization (TAI) Learning Model to Improve Learning Outcome of The Starter Motor Electrical System in VHS. . Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.