PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 27 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1804Keywords:
Berpikir kreatif matematika, Bilangan bulat, Pendekatan open-endedAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan open-ended pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini termasuk dalam kategori eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subyek penelitian kelas VII ini berjumlah 64 orang yang dipilih dengan menggunakan prosedur cluster random, dengan rincian 32 orang siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan pendekatan open-ended dan 32 orang lagi pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen tes penelitian ini adalah tes KBKM yang terdiri dari empat soal bilangan bulat dalam format esai. Berdasarkan hasil post-test diperoleh mean skor kelompok eksperimen sebesar 71,10, sedangkan mean skor kelompok kontrol sebesar 62,75. Berdasarkan temuan uji statistik, data ditemukan berdistribusi teratur dan homogen, oleh karena itu pengujian tes hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa thitung = 2,767 dan ttabel = 1,999 dengan taraf signifikansi 0,05 yang artinya thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasilnya, siswa pada kelompok eksperimen mempunyai tingkat KBKM yang lebih unggul dibandingkan siswa pada kelompok kontrol. Dengan koefisien determinasi diketahui bahwa pendekatan open-ended mempunyai pengaruh sebesar 51,5% dan pembelajaran biasa mempunyai pengaruh sebesar 26,4%. Hal ini dapat mendukung anggapan bahwa siswa KBKM yang menempuh pendekatan terbuka mempunyai prestasi lebih unggul dibandingkan siswa KBKM yang belajar secara terstruktur.
Downloads
References
Abadi, G. S., & Muazaroh, A. N. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Open-Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 8(3): 372-384.
Alwi, I. 2015. Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir. Jurnal Formatif. 2(2): 140-148.
Darwanto. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Eksponen 9(1): 20–26.
Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Sleman: Deepublish
Geokur. 2023. Kelebihan dan Kurangan Sistem Pembelajaran Konvensional. Cendekiaprivat.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dan Mengerjakan Soal Open-Ended Dengan Pendekatan CTL. Phytagoras Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1): 63-75.
Nuranggraeni, E., Effendi, K.N.S., & Sutirna, S. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 6(2): 107-114.
Nurlaela, L., & Ismayati, E. 2016. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Hlm vii+88.
Sadat, A., Harisuddin, M. I., & Oktavian, I. 2020. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 5(2): 159-168.
Safaria, S. A., & Sangila, M. S. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal al-Ta’dib. 2(2): 73-88
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. JIP Jurnal Inovasi Penelitian. 2(3):1015-1024.
Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Siswono., T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm v+170.
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. 2019. Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreatifitas Siswa. JesMat Jurnal Edukasi dan Sains Matematika. 4(1): 24-35.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Umar, W. & Abdullah, S. 2020. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. Jurnal Pendidikan. 7(2):39-48.