ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Aneu Tri Rahmah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nita Hidayati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1802

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, sistem persamaan linear dua variabel, soal cerita

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau berdasarkan 3 indikator yaitu kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkan secara visual; kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan, maupun dalam bentuk visual lainnya serta kemampuan menggunakan istilah, notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan dan model situasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskrptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik pengerjaaan soal. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan sedangkan keabsahan data pada penelitian kualitatif ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori tinggi mampu mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkan secara visual dengan baik. Siswa kategori sedang mampu mengajukan dugaan tetapi kurang baik serta belum mampu memberikan alasan atau bukti terhadap solusi dengan benar dan tepat. Siswa kategori rendah belum mampu mengajukan dugaan dengan baik dan belum mampu memberikan alasan atau bukti terhadap solusi. Siswa kategori sedang dan rendah mampu melakukan manipulasi matematika tetapi hasilnya tidak benar. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita membutuhkan pemahaman yang sangat baik sehingga tidak sedikit siswa yang membaca soal secara berulang-ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khadijah, I. N., Maya, R., & Setiawan, W. 2018. ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1095-1104.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. 2021. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik. Jurnal Pendidikan Matematika, 207-222.

Rohmatullah, I., Afgani, M. W., & Nizar, H. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 191-201.

S, S. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, N. R. 2017. Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA, 22-24.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles