PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1801Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design yang melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berjumlah 4 butir soal essay dengan skor maksimalnya 60. Berdasarkan hasil posttest, skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 49,36 dan skor rata-rata kelas kontrol yaitu 17,5. Berdasarkan hasil uji statistik, data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa dan dengan taraf signifikansi 0,05 yang artinya maka ditolak dan diterima. Disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based leaning lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional. Ini berarti, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
References
Alamsyah, N., Nengsih, R., & Nurrahmah, A. (2018). Perbedaan Pengaruh Pendekatan Taksonomi Bloom Revisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP Bermotivasi Belajar Tinggi dan Rendah. JIPMat. 3(1): 107 – 114.
Anam, K., Sudarwo, R., & Wiradharma, G. (2020). Application of the Problem Based Learning Model to Communication Skills and Mathematical Problem Solving Skills in Junior High School Students, JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 4(2): 155 – 165.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dyahsih, A. S., Ali, M. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2): 175 – 185.
Harefa, D., & La’ia, H.T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7(2): 327 – 338.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 01(01): 89 – 90.
Khurniawan, A. W., Gustriza, E. 2019. Evaluasi Capaian PISA 2018: Indonesia Perlu Segera Berbenah. Vocational Education Policy White Paper. 1(21): 1 – 13.
Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 01(02): 249 – 262.
Santoso, E. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 2(2): 80 – 87.
Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606-1619.
Simanjuntak, J., Simangunsong, M., Tiofanny, S., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika dan Pendidikan Matematika di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied. 02(02): 32 – 39.
Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Suryani, M., et al. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1): 119 – 130.
Yuhani, A., Luvy, S., & Heris, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 01(03): 445 – 452.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 07(01): 51 – 62.