ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL NEKER (KELERENG)
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1799Keywords:
Budaya, Etnomatematika, Permainan tradisional kelerengAbstract
Matematika digunakan dalam kegiatan budaya masyarakat tradisional dan non-tradisional. Etnomatematika mengacu pada ide-ide matematika yang diintegrasikan ke dalam suatu budaya. Budaya tersebut dapat dijadikan sebagai upaya transformasi untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika guna mendekatkan matematika pada realitas dan pemahaman masyarakatnya. Selain itu, budaya dapat digunakan sebagai landasan matematika sekolah. Penelitian ini menyelidiki etnomatematika sebagai ilustrasi konteks penerapan geometri pada permainan kelereng. Data dikumpulkan melalui praktik bermain kelereng dan wawancara, serta catatan tentang hasil permainan dan analisisnya. Dengan menggunakan pendekatan etnografi, data dikurangi, disajikan, dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kelereng tradisional memiliki unsur-unsur etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika, termasuk konsep geometri yang dapat diwakili dalam bentuk bangun sisi datar seperti lingkaran dan segiempat. Ide-ide matematika ini dapat digunakan dalam budaya lokal untuk memperkenalkan dan memahami konsep geometri dan jarak. Selain itu, siswa menunjukkan berbagai hasil berpikir kreatif matematika. Kearifan lokal Indonesia dapat dikomunikasikan melalui permainan kelereng dan digunakan sebagai sumber matematika kontekstual di sekolah pedesaan dan perkotaan.
Downloads
References
Ade, I. P., Payadnya, A., Suwija, I. K., & Wibawa, K. A. (2021). Analysis o f Students ’ Abilit ies in Solving Realistic Mathematics Problems Using “ What - If ” -Ethnomathematics Instruments. 13(4).
Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Santi, N. N. (2020). The effect of metacognitive-based contextual learning model on fifth-grade students’ problem-solving and mathematical communication skills. European Journal of Educational Research, 9(2), 753–764. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.753
Ayton, K., & Capraro, K. (2021). Students Lead the Charge! Using Project-Based Learning with Pre-service Teachers to Redesign a Curriculum Resource Center. Education Libraries, 44, 1–19. https://doi.org/10.26443/el.v44i1.367
Cimen, O. A. (2014). Discussing Ethnomathematics: Is Mathematics Culturally Dependent?,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 152, pp. 523–528.
Hariastuti, R. M. (2022). International Journal of Educational Methodology Traditional Houses in Ethnomathematical-Thematic-Connected-Based Mathematics Learning. 8(3), 535–549.
Hariastuti, R. M, (2017). Permainan tebak-tebakan buah manggis: sebuah inovasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika,. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 25–35.
Madusise, S. (2020). Affordances for connecting culture and Mathematics?: Moving from curriculum to school textbooks. 15(9), 564–574. https://doi.org/10.5897/ERR2020.4004
Mandina, S., Mashingaidze, S. S., & Mafuta, J. (2013). Increasing female participation in advanced level mathematics?: A perspective from students and teachers in Zimbabwe. 1(November), 183–190.
Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551
Nugraha, T., Maulana, M., & Mutiasih, P. (2020). Sundanese Ethnomathematics Context in Primary School Learning. 7(1), 93–105. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22452
Pathuddin, H., & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Ethnomathematics?: Barongko Cake. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.
Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 109–115.
Rezeki, S., Andrian, D., & Safitri, Y. (2021). Mathematics and cultures: A new concept in maintaining cultures through the development of learning devices. International Journal of Instruction, 14(3), 375–392. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14322a
Risdiyanti & Prahmana R. C. I.,(2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese Culture. in Journal of Physics: Conference Series, pp. 1–6.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. 6(2), 62–80.
Suherman, S., & Vidákovich, T. (2022). Tapis Patterns in the Context of Ethnomathematics to Assess Students ’ Creative Thinking in Mathematics?: A Rasch Measurement. 14(4).
Sunzuma, G. (2020). Exploring Zimbabwean Mathematics Teachers ’ Integration Of Ethnomathematics Approaches Into The Teaching And Learning Of Geometry . Exploring Zimbabwean Mathematics Teachers ’ Integration of. 45(7).
Sunzuma, G., Zezekwa, N., Gwizangwe, I., & Zinyeka, G. (2021). A Comparison of the Effectiveness of Ethnomathematics and Traditional Lecture Approaches in Teaching Consumer Arithmetic?: Learners ’ Achievement and Teachers ’ Views. 6(4).
Yang, M., & Harbor, J. (2023). AUTHENTIC LEARNING DESIGN FAILURES?: THE NEED FOR LEARNER. 14(1), 88–105.