ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1798Keywords:
Analisis kesalahan, kriteria Watson, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa berserta persentase dari tiap kriteria kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes pada materi SPLDV dengan jumlah 4 soal uraian. Sampel penelitian ini kelas VIII.6 di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hasil pada penelitian ini diperoleh jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), kemudian kesalahan pada kriteria data tidak tepat (inappropriate data/id) sebesar 3.1% ; kriteria tidak tepat (inappropriate procedure/ip) sebesar 1.3%; data hilang (omitted data/od ) sebesar 6.3%; kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) sebesar 49.4%; konflik level respon (response level conflict/rlc) sebesar 12.5%; manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um) sebesar 2.5%; masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp) sebesar 10.6%; selain ketujuh kategori sebelumnya (above other/ao) sebesar 28.1%.
Downloads
References
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 130.
Anjeli, R. I. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(1), 103–109.
Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500.
Febryana, E., Sudiana, R., Aan, D., & Pamungkas, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27.
Negara, I. G. P. J., Noviantari, P. S., & Payadnya, I. P. A. A. (2020, July). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Hana, N., Muksar, M., & Slamet, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Tipe Kepribadian Idealist dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 22620-2633.
Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22.
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11-18.
Lantang, G., Sulangi, V. R., Damai, I. W., & Pangemanan, A. S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Kriteria Watson. MARISEKOLA: Jurnal Matematika RIset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 39–52.
Pangestu, A. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Watson Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Universitas Singaperbangsa Karawang.
Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3169–3174.
Putri, M. Shella. F. F. N. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Silogisme, 4(1), 2129.
Saidah, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Dengan Menggunakan Instrumen CRI. EduTeach?: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 21–30.
Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505-518.
Wahyuningtyas, S. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Menurut Katagori Watson pada Siswa Kelas VA SDN Tegal Gede 01 Jember.