KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Authors

  • Siti Annisa Samsudin Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1796

Keywords:

Barisan dan deret, Matematika, Pemecahan masalah matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Swasta di Karawang menjadi latar penelitian jenis deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Siswa diberikan dua pertanyaan uraian materi Barisan dan deret sebagai bagian dari proses pengumpulan data 24 siswa kelas X.1 berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masuk kedalam kategori rendah. Hal ini terlihat dari pengumpulan hasil tes siswa yang memperoleh nilai rata-rata 8,67. Hasilnya tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. 2019. Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa mts: pemecahan masalah: motivasi: polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. 2020. Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.

Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. 2021. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10-20.

Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Astutiani, R. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 297-303).

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. 2020. Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Effendi, K. N. S. 2017. Pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. 2018. Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. 2021. Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1-8.

Mahmudah, W. 2018. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe Hots berdasar Teori Newman. Jurnal Ujmc, 4(1), 49-56.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. 2019. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi pola bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.

Mauleto, K. 2019. Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari indikator NCTM dan aspek berpikir kritis matematis siswa di kelas 7B SMP Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2).

Nathania, C., & Effendi, K.N.S. 2023. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi SPLDV. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2): 193-204. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.14960

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. 2023. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17-24.

Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. 2018. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Nuryana, D., & Rosyana, T. 2019. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smk pada materi program linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20.

Pramesti, C., & Prasetya, A. 2021. Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9-17.

Putra, K. A. Y. D., & Mertasari, N. M. S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Tejakula Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 10(1), 10-16.

Rambe, A. Y. F. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI MAN Labuhan Batu Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Syawahid, M. 2019. Mathematical Literacy in Algebra Reasoning. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 02(1), 33–46.

Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sumarni, Y. 2018. Matematika dalam ilmu manajemen. Education, 1(1), 11-24.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. 2018. Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876-884).

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles