MENYUSUN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI BILANGAN RASIONAL

Authors

  • Muhamad Subhan Aryandi Universitas Singaperbangsa karawang, Indonesia
  • Rikayanti Rikayanti Universitas Singaperbangsa karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1794

Keywords:

Bahan Ajar, Google Sites, Kemampuan Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar berbasis Google Sites dengan fokus pada pengembangan kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami materi bilangan rasional. Metode studi pustaka digunakan sebagai landasan untuk merancang bahan ajar yang relevan dan efektif. Studi pustaka melibatkan penelusuran berbagai sumber literatur terkait teori literasi numerasi, karakteristik pembelajaran online, dan aplikasi Google Sites sebagai platform pembelajaran. Berdasarkan analisis studi pustaka, bahan ajar dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami konsep-konsep kritis terkait bilangan rasional. Google Sites dipilih sebagai platform utama karena kemudahan penggunaannya, aksesibilitas, dan kemampuannya untuk menyajikan konten multimedia. Bahan ajar ini mencakup berbagai strategi pembelajaran, seperti video pembelajaran, simulasi interaktif, dan latihan soal, yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi numerasi siswa. Diharapkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis Google Sites ini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami materi bilangan rasional. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan panduan bagi para pendidik dalam merancang bahan ajar yang responsif terhadap kebutuhan pembelajaran daring di era digital saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. 2022. Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Aisyah, H. 2021. Pengembangan instrumen peniliaian literasi numerasi dengan memasukan konteks islam. UIN Sunan Ampel Surabaya

Ate, D., Keremata Lede, Y., 2022, S.,Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. . Studi Pendidikan Matematika, P., Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula .06(01), 472–483.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. 2021. Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90-101.

Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. 2019. Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Fauzanah, A. E. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Indra, K., & Rahadyan, A. 2021. Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam penyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84-91. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Harsanto, B. 2017. Inovasi pembelajaran di Era Digital: menggunakan Google sites dan media sosial. Unpad press.

OECD. 2019. PISA Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, J., Eta Leba Kaka, A., Ate, D., rex Making, S. M., Studi Pendidikan Matematika, P., & Tinggi Keguruan Dan, S. (2021). under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 license. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka. https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2

Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA.

Suryadi, D. 2013. Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 3-12).

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. 2021. Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

Yusuf, V., & Marlina, R. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Digital Pada Materi Transformasi. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 10(2), 223–243. https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.6954

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles