KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1792Keywords:
Analisis Kesalahan, Gender, Kriteria Watson, Perpangkatan dan Bentuk AkarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan, (2) tingkat kategori kesalahan, dan (3) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal perpangkatan dan bentuk akar berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari enam subjek yaitu tiga siswa perempuan dan tiga siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes dan pedoman wawancara. langkah penyelesaian dan jawaban akhir. Di sisi lain, siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan-kesalahan yang masuk dalam kategori “kesalahan kecil” dalam Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa laki-laki cenderung melakukan prosedur tidak tepat dengan kategori kesalahan cukup tinggi dimana siswa melakukan usaha dalam menyelesaikan soal akan tetapi kurang memahami konsep pengerjaan soal sehingga mendapatkan kesimpulan yang tidak tepat. Selain itu, siswa tidak mengetahui cara menjawab soal dengan benar sehingga menyebabkan ketidakkonsistenan permasalahan hierarki keterampilan, kurang perhatian dalam menghitung beberapa operasi aritmatika yang terlibat dalam langkah-langkah penyelesaian masalah, dan salah dalam mengambil kesimpulan kesalahan yang termasuk dalam kategori “kesalahan kecil”. Pada kategori “salah”, siswa menjawab pertanyaan karena jawaban siswa tidak sesuai dengan pertanyaan dan data yang ada.
Downloads
References
Ambarawati, M., Mardiana, & Subanti, S. 2014. Profil proses berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Surakarta dalam memecahkan masalah pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari kecerdasan majemuk dan gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 9, pp. 984–994.
Ayarsha, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Jakarta: FITK UIN Jakarta dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Bachelor's thesis.
Carvalho, R.G.G. 2016. Gender Differences in Academic Achievement : The Mediating Role of Personality. Journal Elsevier Personality and Individual Differences, vol. 94, pp. 2013–2015.
Dilla, S.C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. 2018. Faktor Gender Dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, vol. 2, no. 1, pp. 129–136.
Permatasari, R.A., Sugiarti, T., & Irvan, M. 2014. Analisis kesalahan berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas v sdn tegal gede 01 error analysis based on categories of error according to watson in solving fractional multiple. Artikel Ilmiah Mahasiswa, vol. 1, no. 1, pp. 1–5
Prabowo, A. A. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA 1 Islam Gamping Yogyakarta dalam Menyelesaikan Soal Matematika yang Berkaitan dengan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ratnaningsih, R. 2021. Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Saputri, R. R., Sugiarti, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP kelas VIII. Kadikma, 9(2), 59-68.
Siagian, P., & Surya, E. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1-12.
Smetackova, I. 2015. Gender stereotypes, performance and identification with math. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 190, 211-219.
Ulifah, S. N., & Effendi, D. 2014. Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Error Analysis Of Students In Math Problem Solving In The Matter Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123-133.
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000