DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT DI SD II KLALING
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1791Keywords:
Pengukuran, Panjang, BeratAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman desain pembelajaran matematika realistik pengukuran panjang dan berat. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan informasi adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 siswa SDN II Klaing, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta didukung dengan sumber referensi yang relevan terkait pemahaman siswa materi pengukuran panjang dan berat. Dimana hasilnya temukan 2 siswa berada dalam kategori tidak paham dengan presentase pemahaman 15%, 4 siswa dalam kategori kurang paham dengan tingkat presentase pemahaman 20%, 6 siswa dalam kategori paham dengan presentase pemahaman 30 %, 8 siswa dalam kategori sangat pahan dengan presentase pemahaman 35%.
Downloads
References
Ainurrohman, D., & Prasetyo, A. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Pengukuran Berat Melalui Model Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Siswa Kelas II SDN Karang Anyar 1. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(3), 44–54. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/69
Amalina, A., Yanti, F., & Warmansyah, J. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 306–312. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.378
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.
Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2023). Optimalisasi Kemampuan Pemahaman Menggunakan Realistic Mathematics Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Education ( RME ) Konsep. 9(2).
Mohajan, H. K. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23. https://doi.org/10.26458/jedep.v7i1.571
Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal On Education , 1(1), 40–47.
Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581
Sri, A. R., Nurfurqon, F. F., & Altaftazani, D. H. (2022). Penerapan Pendekatan PAIKEM Pada Siswa Kelas II Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Pada Materi Perbandingan Panjang Benda. Journal of Elementary Education, 5(1), 139–145.
Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics (Nctm) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5642
Unaenah, E., Ardelia, E., Anggestin, T., Ulfi, N., Khoiriyah, S., & Awaliah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 83–93. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Varadila E.A, Fida Chasanatun, & Sugiharti, S. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 409–416. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1001