KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1788Keywords:
Barisan dan Deret, Pemahaman Konsep Siswa, Pembelajaran DaringAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di indonesia yaitu pembelajaran harus dillakukan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dan Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsepsiswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini termasuk Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes. Pelaksanaan pembelajaran daring di SMA N 4 Palembang secara daring pada siswa Kelas XI materi sudah terlaksana sesuai RPP yang disusun, dengan memanfaatkan aplikasi Pembelajaran Google Meet dan WhatsApp dan berbantuan Google Form. Kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan dengan rata-rata 55,71. yang mendapatkan nilai dengan kategori cukup adalah indikator kedua dengan kategori 48,89% , ketiga 42,31%, kelima 44,90%, keenam 52,38% dan ketujuh 50,00%. Sedangkan indikator yang mendapatkan nilai kurang adalah indikator pertama 40,00% dan kelima adalah 39,29%.
Downloads
References
Aledya. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 1-3.
Baety, N. D. (2021).Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Covid -19.Jurnal Ilmu Pendidikan , 881-885.
Bilpaqih, Y., & Qomaruddin, M. N. (2020). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta.
Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 657 (03),1-7.
Fatkhurrozi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan WhatsApp Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid 19 . Jurnal Program Studi PGMI
Giawa, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI SMA Negeri Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/20222. Jurnal Pendidikan Matematika.2-5.
Halik.A. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Islam , 132-138.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Huzaimah , Z. P & Amelia, R. (2021). Hambatan Yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 533-578.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 63-65.
Khairaini Putri Bella, M.,& . Roza. Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika,1578-1581.
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. PT raja grafindo persada, Depok.
Kusumawati, I. N. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Dasar Mahasiswa Pendidikan Matematika, 56-62.
Lestari, E.K., & Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. 2015
Mayasari, (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 3.7.
Mulyono, B. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 108.
Pustikayasa, I. M. (2019). Group WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. JurnaL Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 56-60.
Rahmawati, D. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika17-22.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D).Bandung: Alfabeta.
Widyastuti , N. S., & Pujiastuti, P. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19. 1-5.
Yulia, R. E, Wahyuni, I., & Anggita, M. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika.