META ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMODELAN MATEMATIKA PADA PEGAS
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1787Keywords:
pemodelan, meta analisis kemampuan pemahaman matematis, model pegas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal melalui meta-analisis di beberapa sekolah. Metodologi penelitian ini menggunakan meta-analisis. Data kemampuan menyelesaikan soal diambil dari data 11 penelitian terdahulu berupa 5 jurnal review, dan 6 skripsi yang berbeda-beda. Prosedur meta-analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mengidentifikasi judul yang untuk dirangkum, 2) memilih jenis publikasi yang akan dikumpulkan, 3) mengumpulkan hasil penelitian, 4) mencatat data penelitian, 5) menghitung tingkat dampak dari setiap hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematikasiswa SMP cenderung lebih berkembang dalam penyelesaian matematika siswa SMA. Kemampuan pemecahan matematika siswa menurut tahun belajar cenderung tidak stabil dari tahun ke tahun, sedangkan kemampuan pemecahan matematika siswa berdasarkan model/metode pembelajaran belum maksimal.
Downloads
References
Hadiyanti, D. R., Mahardika, I. K., & Astutik, S. (2019). Efektivitas model pbl berbantuan simulasi phet untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa SMA. FKIP e-PROCEEDING, 3(2), 119-124.
Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (STAD). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 71-81.
Jalil, E., & Irwan, M. (2019). Pemodelan matematika dalam sistem massa pegas dengan massa tidak konstan. Jurnal MSA (Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 7(2)(2), 15–19.
Jannah, W., Syafwan, M., & Lestari, R. (2019). Analisis Model Pegas-Magnet. Jurnal Matematika UNAND, 8(2), 149. https://doi.org/10.25077/jmu.8.2.149-156.2019
Mulyani, A., Indah, E. kurnia N. I., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262.
Munawaroh, Z., dkk. (2014). Solusi Sistem Osilasi Dua Derajat Kebebasan Pada Rangkaian Pegas Gandeng Dengan Peredam. Unnes Journal of …, 3(3), 1–5. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/3279%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/3279/3012
Nurussaniah. (2016). Pengembangan Modul Mata Kuliah Pemodelan Matematika Berbasis Pmecahan Masalah pada Materi Sistem Massa Pegas. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 105–119.
Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman konsep siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet. Physics Education Research Journal, 2(1), 1-8.
Razi, Z., & Mirunnisa, M. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520-527.
Sari, I. P., Nanto, D., & Putri, A. A. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 20-28.( Publikasi SAGE, Inc.Meta-analisis praktis)
Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Usman Fauzan, A., & Aldila Afriansyah, E. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.