KAJIAN LEARNING OBSTACLE PADA MATERI KONSEP INTEGRAL KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1784Keywords:
analisis buku teks, analisis RPP, analisis tes diagnostik, wawancaraAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terdapat siswa yang mengalami hambatan belajar pada materi konsep integral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai learning obstacle yang dialami oleh siswa pada materi konsep integral. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Design Research. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Shailendra Palembang dengan subjek penelitian yang terdiri dari 20 siswa kelas XII MIPA SMA Shailendra Palembang. Analisis learning obstacle dilakukan dengan menganalisis tes diagnostik, analisis buku teks, analisis RPP dan melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran matematika. Melalui analisis yang telah dilakukan oleh peneliti maka diperoleh bahwa terdapat learning obstacle yang dialami siswa pada materi konsep integral yang dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu: 1) Ontogenic Obstacle, 2) Epistemologis Obstacle dan 3) Didactical Obstacle.
Downloads
References
Abdullah, S., Susilo, & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. DIGLOSIA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya , 5 (3), 707-714.
Amelia, S., & Yadrika, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Integral. Jurnal Ilmiah Dikdaya , 9 (1), 124-131.
Azizah, S. (2022). Analisis Buku Matematika Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell Materi Program Linier Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika , 2 (1), 103-112.
Ernawati. (2020). Deskripsi Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal-soal Integral. 5 (1), 42-57.
Ernawati, Y. (2022). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah BINA Edukasi , 11 (2), 109-123.
Fadillah, dkk. (2019). Analisis Learning Obstacles pada Materi Integral. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 1 (6), 243-251.
Hernaeny, U., Nurrahmah, A., Indrawati, F., Panggabean, S., Nurhayati, Riaddin, D., et al. (2021). Kalkulus Integral. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hidayat, R., & Usodo, B. (2023). Analisis Buku Teks Matematika SMP/MTs Berdasarkan Objek Kajian Matematika Materi Aritmetika Sosial. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) , 7 (1), 89-105.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semhas Matematika dan Pendidikan Matematika , 2 (3), 231-234.
Kurniawati, dkk. (2020). Problematika Siswa pada Penyelesaian Permasalahan Integral Tak Tentu. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, pp. 233-240.
Lubis, Z. K., Kustiawati, D., Harlina, Putari, C. A., & Utami, S. R. (2022). Analisa Penerapan Integral pada Fungsi Konsumsi dalam Perekonomian di Indonesia. 2 (8), 1266-1276.
Manullag, S., S, A. K., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Sinaga, B., S, M. M., et al. (2017). Buku Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mayangsari, A. D., Labulan, P. M., & Rusdiana. (2021). Analisis Kesalahan Buku Teks Matematika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika) , 3 (2), 79-84.
Monariska, E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral. 5 (1), 9-19.
Noormandiri, B. K. (2016). Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.
Septiana, R. (2022). Desain Didaktis Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Kelas XI. Palembang.
Sopiati, A., & Kosasih, U. (2018). Learning Obstacles yang Dialami Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-soal Integral Tak Tentu. UJMES: Uninus Journal of Mathematics Education and Science , 3 (2), 67-71.
Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Gapura Press.
Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.
Syarifah, L. L., Venni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4 (2), 1259-1272.
Toheri. (2015). Kalkulus Integral. Cirebon: EDUVISION.
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education , 7 (2), 226-236.
Wardhani, F. P., Fiamanillah, Islamiyah, H. Y., Zulfadilla, I., Pajriansyah, & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Sajak: Sastra, Bahasa dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra , 1 (1), 156-167.
Yanti, N., Fuadiah, N. F., & Septiati, E. (2020). Analisis Learning Obstacle Pembelajaran Luas Belah Ketupat untuk Kelas VII SMP. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 11 (1), 53-62.
Yulis, D. W., Br. Siburian, D. A., Lestari, D. A., Fahmi, D., Rezeki, E. T., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. SAJAK: Sastra, Bahasa, dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra , 1 (1), 137-147.