ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN EKSPONEN DI KELAS X SMA BORNEO BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1782Keywords:
Hambatan Epistemologi, Matematika, Persamaan EksponenAbstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahuai tentang hambatan epistemologi siswa pada tingkat kemampuan persamaan eksponen tinggi, sedang, rendah di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskrPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Pada penelitian ini, kasus yang akan diteliti adalah hambatan epistemologi yang dimiliki siswa kelas X terhadap materi persamaan eksponen. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan instrumen wawancara. Ada pun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Borneo Bengkayang yang berjumlah 24 orang. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan persamaan eksponen tingkat tinggi memiliki hambatan epistemologi pada hambatan konseptual, prosedural dan teknik oprasional. Pada siswa sedang dengan kemampuan persamaan eksponen sedang memiliki hambatan epistemologi pada hambatan konseptual, prosedural dan teknik opresional. Dan pada siswa kemampuan rendah dengan kemampuan persamaan eksponen rendah memiliki hambatan epistemologi pada hambatan konseptual, prosedural dan teknik operasional.
Downloads
References
Arikunto, S, (2013) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Dewanti. F. & Komala. E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Analisis Hambatan Epistemology Siswa SMP Pada Materi Statistik. Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1)138-147
Dewi., dkk ( 2021). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen. Jurnal Equation. 4(1) 1-2
Elfiah, N.S. dkk (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,8(1),11-12.
Insani, M. I., & Kadarisma , G. (2020) Analisis Epiatemological Obstacle Siswa SMA Pada Materi Trigonometri. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547-558.
Job, P., & Schneider, M. (2014). Empirical Positivism, An Epistemological Obstacle In The Learning Of Calculus. ZDM- International Journal on Mathematics Education, 46(4),635-646.
Komala. E., & Dewanti. F. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Analisis Hambatan Epistemologi Siswa SMP Pada Materi Statistik. Wancana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 7(1) 138-147
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung :Mpt Refika Aditama.
Maarif, S., dkk. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktif Matemmatika, 7(1), 72-89.