ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN EKSPONEN DI KELAS X SMA BORNEO BENGKAYANG

Authors

  • Yohana Yohani IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Wandra Irvandi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1782

Keywords:

Hambatan Epistemologi, Matematika, Persamaan Eksponen

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahuai tentang hambatan epistemologi siswa pada tingkat kemampuan persamaan eksponen tinggi, sedang, rendah di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskrPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Pada penelitian ini,  kasus yang akan diteliti adalah hambatan epistemologi  yang dimiliki siswa kelas X terhadap materi persamaan eksponen. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini  berupa tes dan instrumen wawancara. Ada pun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Borneo Bengkayang yang berjumlah 24 orang. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa siswa  dengan kemampuan persamaan eksponen tingkat tinggi  memiliki hambatan epistemologi pada  hambatan konseptual, prosedural dan teknik oprasional. Pada siswa sedang dengan  kemampuan persamaan eksponen sedang  memiliki hambatan epistemologi pada hambatan konseptual, prosedural dan teknik opresional. Dan pada siswa kemampuan rendah dengan kemampuan persamaan eksponen rendah memiliki hambatan epistemologi  pada hambatan konseptual, prosedural dan teknik operasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, (2013) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Dewanti. F. & Komala. E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Analisis Hambatan Epistemology Siswa SMP Pada Materi Statistik. Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1)138-147

Dewi., dkk ( 2021). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen. Jurnal Equation. 4(1) 1-2

Elfiah, N.S. dkk (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,8(1),11-12.

Insani, M. I., & Kadarisma , G. (2020) Analisis Epiatemological Obstacle Siswa SMA Pada Materi Trigonometri. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547-558.

Job, P., & Schneider, M. (2014). Empirical Positivism, An Epistemological Obstacle In The Learning Of Calculus. ZDM- International Journal on Mathematics Education, 46(4),635-646.

Komala. E., & Dewanti. F. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Analisis Hambatan Epistemologi Siswa SMP Pada Materi Statistik. Wancana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 7(1) 138-147

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung :Mpt Refika Aditama.

Maarif, S., dkk. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktif Matemmatika, 7(1), 72-89.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles