ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI SISWA KELAS XI DI SMA TUNAS LUHUR

Authors

  • Fina Diafatus Sa'adah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Hemas Haryas Harja Susetya Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Moh. Hariyadi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1781

Keywords:

Kemampuan Literasi, Matematika, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Literasi matematis sering kali menjadi sebuah problematika dalam pembelajaran matematika. Hasil survei PISA 2018 menempatkan Indonesia di urutan ke-74 alias peringkat keenam dari bawah. Di SMA Tunas Luhur tingkat kemampuan literasi matematika siswa terbilang rendah, utamanya kelas XI yang menjadi objek dalam penelitian ini. Kebanyakan siswa tidak memperhatikan proses atau langkah-langkahnya, melainkan hanya pada terfokus hasilnya saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek kelas XI di SMA Tunas Luhur. Hasil penelitiannya ialah (1) pada indikator pertama literasi matematis yakni kemampuan merumuskan masalah nyata siswa terbilang rendah, (2) indikator literasi matematis yang kedua yaitu menggunakan matematika dalam pemecahan masalah (pemodelan matematika) bisa dikatakan mampu, (3) kemampuan siswa dalam menafsirkan solusi dalam pemecahan masalah terbilang medium (4) kemampuan siswa dalam mengevaluasi solusi dalam pemecahan masalah terbilang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsari. 2019. Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid.

Kayes. 2015. Assessing Mathemathical Literacy. New YORK: Springer Internatinal Publishing.

Kemendikbud Ristek. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Tetap Berjalan Sesuai Rencana. DOI: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/siaran-pers-implementasi-kurikulum-merdeka-tetap-berjalan-sesuai-rencana#:~:text=Sebagaimana%20diketahui%2C%20Kurikulum%20Merdeka%20diluncurkan,pengembangan%20karakter%20Profil%20Pelajar%20Pancasila.

Laili. 2023. Kurikulum Merdeka Sebagai Penguatan Strategi Literasi Numerasi. UNISSULA.

Mangelep & Kaunang. 2018. Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Prgram for Internatinal Student Assesment. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mansur. 2018. Melatih Literasi Matematika Sisa dengan Soal PISA. Universitas Negeri Malang.

Masfufah. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika.

Masjaya & Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prisma, 1(1). 568- 574.

Masjaya. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Jurnal Penddikan Matematika.

Muzaki, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.

OECD, PISA. 2018 . Assement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD publisher.

Sari. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Universitas Negeri Yogyakarta.

Surel. 2020. Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. UNIVERSITAS Negeri Semarang.

Syawahid. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Tadris Matematika.

Vebrian, Putra, dkk. 2021. Kemampuan Penalaan Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematka.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles