PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1779Keywords:
Project Based Learning (PjBL), komunikasi matematis, mahasiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Insan Budi Utomo Malang dan Universitas Flores pada mata kuliah kajian matematika sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dalam mata kuliah matematika sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Insan Budi Utomo Malang dan Universitas Flores yang berjumlah 48 orang. Hasilnya pertama menunjukkan peningkatan pada perencanaan sebesar 8,5%. Keterlaksanaan pada aspek dosen dan mahasiswa pada siklus I sebesar 73,6% menjadi 95,9% pada siklus II. Rata-rata penilaian kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I sebesar 73,82 hingga 90,00 pada siklus II. Nilai kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Siklus I sebesar 75,53 meningkat dari menjadi 92,00 atau sekitar 16,47.
Downloads
References
Elsayed, S. A., & Nasef, H. M. (2020). The effectiveness of a mathematics learning program based on the mind habits in developing academic achievement motivation and creative thinking among prince sattam bin abdulaziz university students. International Journal of Higher Education, 10(1), 55–75. https://doi.org/https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n1p55
Fauziyah, R. dan Jupri, A. (2021). Analysis of elementary school students’ ability on mathematical communication and mathematical representation. Physic Conference, 3, 15–21.
Gerhana, M. T. C., Mardiyana, M., & Pramudya, I. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning in Trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012027
Handayani, K., Mariani, S., & Asikin, M. (2021). Mathematics Communication Skill Seen from Self Efficacy on Project Based Learning Model with Realistic Approach Assisted by Web-Video. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 105–111. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Handayani, R. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(2), 1–10.
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1526–1539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/618/545
Moleong, J. L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175.
Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.
Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.124
Riyadi, Syarifah, T. J., & Nikmaturrohmah, P. (2021). Profile of students’ problem-solving skills viewed from Polya’s four-steps approach and elementary school students. European Journal of Educational Research, 10(4), 1625–1638. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.4.1625
Siswono, T. Y. E., Hartono, S., & Kohar, A. W. (2018). Effectiveness of project based learning in statistics for lower secondary schools. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2018(75), 197–212. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.75.11
Sumarni, S., Titis Prayitno, A., & Nurpalah, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Mata Kuliah Geometri Ruang. M A T H L I N E?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 63–74.
Wahyudi, W., Waluya, S. ., Suyitno, W., & Isnarto, I. (2020). The impact of 3CM model within blended learning to students’ creative thinking ability. Journal of Technology and Science Education, 10(1), 32. https://doi.org/10.3926/jotse.588
Zamzam, K. F., Sa’dijah, C., Subanji, & Rahardi, R. (2023). The Creative Thinking Process of Prospective Teachers in Developing Assignments. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(1), 101–108. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i1.5793
Zamzam, K. F., & Wijayanti, R. (2022). Karakteristik Tingkat Kreativitas MAahasiswa Calon Guru Dalam Memodifikasi Tugas Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. LAPLACE?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 119–129.