PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1778Keywords:
E-Modul, Discovery Learning, Flip Pdf Professional, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan E-Modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flip pdf professional untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Nur Hasanah Medan kepada 20 siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap: Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul telah memenuhi kriteria: (1) Kevalidan berdasarkan penilaian yang diberikan oleh 6 validator dengan skor rata-rata yaitu 4,35 kategori valid. (2) Kepraktisan dari hasil pengisian angket siswa mendapatkan skor rata-rata 4,5 kategori praktis. (3) Keefektifan penilaian dari ketuntasan hasil belajar siswa mendapatkan 85% dengan kategori sangat efektif. Adapun peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari perhitungan nilai N-Gain pada uji coba I mendapatkan hasil 0,14 dengan kategori rendah dan pada uji coba II mendapatkan hasil 0,50 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flip pdf professional dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan peningkatan 0,36 dan layak untuk digunakan.
Downloads
References
Abidin, Z., & El Walida, S. (2017). Pengembangan e-modul interaktif berbasis case (creative, active, systematic, effective) sebagai alternatif media pembelajaran geometri transformasi untuk mendukung kemandirian belajar dan kompetensi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 14, no. 1 : 96–105.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.
Dahar, Ratna Wilis, (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Erlangga: Jakarta
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Siti Khabibah, (2006): “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta didik Sekolah Dasar”(Desertasi Doktor) Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Yuliana, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1),
Widoyoko, Putra, Eko, S. (2009). Evaluasi program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.